Home / Kesehatan / Bolehkah makan malam saat diet? Apa akan mengganti proses diet ?

Bolehkah makan malam saat diet? Apa akan mengganti proses diet ?

Seringkali kita mendengar tentang larangan untuk makan terlalu malam. Bahkan bagi sebagian wanita, makan terlalu malam adalah hal yang harus dihindari. Makan malam dipercaya kebanyakan wanita hanya menimbun lemak dan membuat badan menjadi gemuk. Anggapan ini berkaitan dengan kecenderungan manusia yang tidak melakukan kegiatan apapun di malam hari sehingga makanan yang masuk nantinya akan tertimbun menjadi lemak. Dalam hal deit, makan malam pun setali tiga uang.  Bolehkah makan malam saat diet

Pemahaman wanita seperti diatas membuat jadwal makan malam hilang dari jadwal diet. Jika ada jadwal makan malam, jenis makanan yang dimakan adalah makanan ringan yang tidak membebani tubuh dengan timbunan kalori yang dapat menjadi lemak. Banyak wanita yang mengurangi jumlah porsi makan malam sangat sedikit sekali dengan anggapan dapat mengurangi timbunan lemak dan kalori dalam tubuh sehingga dapat mengurangi berat badan yang mereka tanggung selama ini.

Namun sebenarnya pemahaman seperti ini seharusnya dihilangkan. Hal ini disebabkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa tidak makan malam sama sekali tidak akan membuat tubuh wanita menjadi langsing secara drastis. Makan malam sebenarnya tidak mengganggu jadwal diet yang disusun, dimana makan malam justru dapat menjaga kestabilan berat badan anda. Apalagi jika anda makan malam bersama keluarga. Maka dari itu mulai sekarang jangan hapus jadwal makan malam anda dari jadwal diet.

Jadwal diet seharusnya tidak menghapus makan malam dari agenda pemenuhan gizi. Kebutuhan kalori dalam setiap manusia itu berbeda-beda. Pada umumnya, seorang wanita dewasa membutuhkan asupan sebanyak 1500 kaliro setiap harinya. Maka dari itu dalam sehari, anda dapat membagi kalori sebanyak itu dalam tiga kali makan. Yakni 500 kalori pada setiap pagi, 600 kalori pada siang hari dan sisanya untuk makan malam. Usahakan kalori yang anda masukkan pada malam hari lebih rendah daripada pagi dan siang hari karena metabolisme pada malam berbeda dengan siang.

Yang anda perlu lakukan adalah mengontrol asupan kalori pada makan malam, bukan menghilangkan jadwal makan malam itu sendiri. Selain itu waktu yang terbaik untuk makan malam adalah maksimal pukul delapan malam, dimana paling tidak ada jeda waktu tiga jam sebelum anda tertidur. Jangan sampai anda tertidur dalam keadaan perut penuh makanan karena membuat tubuh anda yang seharunya beristirahat menjadi “terbangun” dan memproses makanan. Hal ini akan membuat sistem metabolisme tubuh anda menjadi kacau di malam hari.

Pengaturan jadwal diet untuk makan malam disesuaikan dengan memilih makanan yang tepat dengan porsi yang sesuai. Lebih baik perbanyak sayuran dan buah dengan sedikit asupan karbohidrat untuk makan malam. Hal ini dikarenakan tubuh tetap harus mendapatkan nutrisi. Meskipun tidak banyak aktivitas tubuh anda tetaplah memerlukan asupan makanan yang cukup.

Demikian bahasan kami tentang makan malam dalam program diet itu diperbolehkan. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : female.kompas.com

About admin

Check Also

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba Hidup panjang umur adalah dambaan semua orang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *