Benda dan obat yang wajib ada dalam kotak P3K

admin July 19, 2012 0


obat wajib kotak p3k

P3K singkatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Hal yang berkaitan dengan P3K adalah kotak P3K yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai First Aid Kit atau perangkat pertolongan pertama. Benda ini harus ada dalam setiap kesempatan karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi dalam setiap aktivitas kita. Sementara setiap saat kita beraktivitas, pasti akan selalu ada kemungkinan kecelakaan. Bisa jadi saat itu kita akan berada pada posisi yang membutuhkan tindakan pertolongan pertama setelah kecelakaan. Dengan adanya kotak ini, maka beberapa kondisi kritis bisa saja dihindari dan ditangani dengan baik. Jika bukan kita yang membutuhkan pertolongan pertama, mungkin orang lain yang membutuhkannya. Saat itu terjadi, kita sudah siap dengan P3K. Namun ada yang perlu diperhatikan, yakni apa yang ada dalam kotak P3K. Benda yang wajib menghuni kotak P3K antara lain:

  • Kapas putih sebanyak 10 gram yang berguna membersihkan dan mengompres luka.
  • 1 rol pembalut gulung dengan lebar 5 cm yang digunakan untuk membalut luka dan menghentikan pendarahan ringan. Selain itu juga menutup luka supaya tidak infeksi.
  • 1 buah pembalut cepat steril atau snelverband yang merupakan pembalut luka berukuran besar yang cepat dan praktis. Sudah dilengkapi dengan kain kasa penutup steril dan pita untuk menguatkan.
  • 10 buah kasa steril ukuran 5×5 sentimeter yang digunakan untuk menutup luka dari debu dan infeksi.
  • 1 rol plester ukuran 2,5 sentimeter yang digunakan untuk menutup luka secara cepat. Penggunaannya cukup dibuka kertas penutupnya lalu ditempelkan saja.
  • 10 buah plester praktis yang digunakan untuk menutup luka ringan yang kecil.
  • Gunting kecil yang merupakan peralatan wajib yang menghuni kotak P3K yang mempermudah proses pertolongan pertama. Pembalut dan plester tentu saja membutuhkan gunting untuk memotongnya. Namun selalu pastikan ketajamannya terkontrol.

Selain benda-benda diatas, ada juga obat-obatan yang menjadi penghuni wajib kotak P3K, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Obat-obatan pengurang rasa sakit yang dapat mengurangi rasa perih yang mengganggu aktivitas setelah kecelakaan. Rasa sakit berkepanjangan buruk bagi kesehatan jiwa. Obat yang termasuk golongan ini diantaranya Panadol, Ponstan dan lain-lainnya.
  • Obat sakit perut merupakan obat untuk mengobati sakit perut yang mudah datang tanpa diduga sebelumnya. Kita bahkan seringkali tidak tahu penyebab sakit perut yang kita derita. Obat jenis ini adalah entrostop, oralit dan lain-lain.
  • Obat luka merupakan obat yang wajib ada dalam kotak P3K. Dengan obat ini anda dapat mengatasi luka yang terjadi karena kecelakaan dengan lebih cepat sehingga mengurangi resiko infeksi. Jenis obat ini adalah betadine dan obat merah. Jangan lupakan juga adanya disinfektan seperti Revanol.
  • Obat luka bakar dapat mengatasi kemungkinan kecelakaan yang berakibat luka bakar. Selain luka gores, luka bakar adalah salah satu yang paling sering. Dengan obat luka bakar, maka kita dapat mengurangi rasa nyeri yang memperparah luka bakar.
  • Obat keracunan dibutuhkan ketika mengalami kesalahan dalam mengkonsumsi sesuatu yang terkontaminasi atau mengandung sesuatu yang tidak sesuai dengan tubuh anda. Norit adalah salah satu obat yang cocok.
  • Tetes mata diperlukan untuk anda yang berada dalam perjalanan atau dalam lingkungan yang berdebu. Tetes mata dibutuhkan untuk membersihkan mata anda dari debu dan kotoran.
  • Obat gosok sangat penting bagi anda yang bisa saja tiba-tiba mual, pusing, gatal atau digigit serangga atau keseleo.

Variasi produk di pasaran sangat banyak, anda bisa memilih yang cocok dan manjur berdasarkan pengalaman anda, rekan atau saudara. Namun jangan membuat kotak P3K terlalu penuh karena itu justru akan menyulitkan anda nantinya saat membutuhkan sesuatu. (iwan)

 

Leave A Response »