Beberapa makanan yang dapat menyebabkan sembelit

makanan penyebab sembelit

Satu hal sepele yang dapat membuat seluruh hari anda buruk adalah sulit buang air besar di pagi hari. Sembelit atau dalam bahasa medis disebut konstipasi memang bukan hal yang sepele. Kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan berlebihan pada feses dan kesulitan dalam mengeluarkannya ini dapat menimbulkan kesakitan yang amat sangat kepada penderitanya. Sembelit pada beberapa kasus dapat menyebabkan peradangan pada colon dan dubur.

makanan penyebab sembelit

Hal-hal yang memicu sembelit diantaranya adalah kekurangan cairan atau dehidrasi, pengaruh hormon ketika menstruasi (bagi wanita), kelainan anatomi pencernaan, stress atau depresi dan aktivitas yang terlalu padat atau karena gaya hidup yang buruk dalam hal makanan seperti makan kurang teratur dan diet yang buruk. Diantara semua hal, makanan umumnya menjadi penyebab terbesar dari sembelit atau konstipasi ini. Ada beberapa makanan yang harus anda perhatikan supaya anda tidak menderita sembelit. Makanan ini diantaranya:

Makanan olahan atau diawetkan
Makanan yang termasuk jenis ini adalah pizza, burger dan makanan kaleng. Makanan seperti ini sangat rendah serat sehingga ketika anda buang air besar di pagi hari, anda akan mengalami kesulitan. Disamping itu nutrisi penting yang terkandung dalam makanan ini sudah banyak yang hilang akibat diawetkan. Makanan ini akan membuat pencernaan tidak nyaman jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Biskuit dan cracker
Biskuit adalah makanan yang tinggi gula. Makanan ini memang lebih nikmat jika disantap bersama kopi atau teh, terkadang juga bersama susu. Namun kandungan serat dalam makanan ini sangat kurang. Selain itu banyak makan gula juga akan menyebabkan penimbunan lemak di bagian-bagian tertentu tubuh anda. Untuk menjaga asupan serat, sebaiknya anda juga mengkonsumsi buah dan sayuran sebelum dan sesudahnya.

Daging berwarna merah
Daging ini adalah daging dari hewan berkaki empat seperti sapi, kambing dan unta. Dengan konsumsi yang teratur namun tanpa disertai sayuran, makanan ini beresiko menimbulkan sembeli. Tambahkan salad sayuran atau salad buah ketika mengkonsumsi daging merah. Sebagai informasi, tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar 90 jam lebih untuk mencerna bagian-bagian daging merah.

Susu dan kopi
Dua minuman ini memang nikmat. Namun kandungan kafein pada kopi dapat memicu dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi adalah salah satu penyebab sembelit. Susu juga demikian, kandungan seratnya hampir tidak ada sama sekali. Jika kedua minuman ini dikonsumsi berlebihan, maka berpotensi menyebabkan sembelit. Untuk itu lebih baik anda mengimbanginya dengan makan buah dan sayur yang cukup sebagai pendampingnya.

Makanan berminyak dan asin
Makanan yang renyah, berminyak dan asin memang menggoda selera. Namun makanan yang terlalu asin dan berlemak dapat membawa resiko yang besar terhadap kesehatan tubuh. Makanan yang digoreng dalam minyak dapat menghambat pencernaan. Anda dapat memperbanyak makan buah dan sayur untuk mengimbangi akibat-akibat buruk yang mungkin ditimbulkannya.

Demikian adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan sembelit. Diharapkan dengan pengetahuan ini anda dapat mengambil langkah yang baik untuk menghindarinya sehingga hidup anda lebih sehat dan produktif.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *