Beberapa jenis vitamin yang dapat menjaga ingatan kita

vitamin untuk menjaga ingatan kita

Lupa seringkali dianggap hal yang wajar terjadi pada manusia. Hal ini sangat sering terjadi dan hampir semua manusia mengalaminya. Mulai melupakan hal yang kecil seperti kunci motor, ponsel atau sandal hingga melupakan hal yang besar seperti hari ulang tahun pernikahan atau event-event besar. Meskipun ini terlihat sepele, namun lupa dapat memperburuk keadaan hidup anda, terutama jika yang dilupakan adalah hal-hal yang penting. Selain itu yang perlu anda tahu adalah lupa merupakan suatu pertanda bahwa otak anda mulai berkurang kemampuannya dalam mengolah memori atau ingatan.

vitamin untuk menjaga ingatan kita

Untuk mencegah hal ini sebenarnya cukup sederhana namun jarang diperhatikan oleh orang. Cara tersebut adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tertentu. Vitamin selain membantu menjaga kesehatan anda dan menyembuhkan juga dapat mempertajam daya ingat anda. Vitamin apakah itu? Mari kita simak.

Vitamin B3
Vitamin ini dikenal dengan nama nikotinamida. Vitamin ini diyakini mampu mengurangi gejala Alzheimer. Walaupun penelitian belum selesai, namun hal ini sudah menunjukkan bahwa vitamin B3 bermanfaat bagi otak anda. Selain itu vitamin B3 juga mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol LDL. Sumber alami vitamin B3 adalah ikan tuna, ayam, kalkin dan asparagus.

Vitamin B6
Selain berfungsi menjaga berbagai fungsi tubuh, vitamin B6 juga mampu meningkatkan daya ingat dengan mendukung kesehatan otak. Asupan harian vitamin B6 yang cukup dapat membantu meningkatkan memori dari waktu ke waktu. Selain itu kemampuan otak memproses informasi juga menjadi lebih cepat. Sumber alami vitamin B6 adalah telur, wortel, ikan tuna dan hampir semua sayuran.

Vitamin B9
Vitamin yang satu ini dikenal dengan nama asam folat. Asam folat berperan dalam produksi sel darah merah yang memungkinkan suplai oksigen menjadi lebih lancar ke otak. Jika oksigen ke otak berlimpah, maka otak akan bekerja sangat normal. Vitamin ini sudah terbukti mampu mengurangi resiko kepikunan pada proses penuaan. Sumber alami vitamin B9 adalah biji-bijian, jeruk dan tomat.

Vitamin B12
Senyawa homosistein pada tingkat yang sehat dapat menjaga kemampuan otak. Senyawa ini dibutuhkan oleh otak. Vitamin B12 dapat menjaga senyawa ini tetap stabil jumlahnya dalam darah. Selain itu vitamin B12 juga dapat membantu memperbaiki saraf otak. Sumber alami vitamin B12 adalah daging sapi, hati, kerang dan ikan,

Vitamin C
Sifat dari vitamin C adalah mengandung antioksidan. Tentu saja ini menjaga sel-sel otak dari gangguan radikal bebas dan merawatnya dengan baik sehingga memori dapat terjaga maksimal. Vitamin C telah diteliti dan memiliki sifat yang protektif terhadap memori otak dan hilangnya kewaspadaan mental. Sumber alami vitamin C adalah buah-buahan, terutama jeruk, jambu biji dan stroberi.

Vitamin D
Kekurangan vitamin tidak hanya berakibat pada lemahnya tulang pada masa pertumbuhan, namun juga mengganggu kemampuan otak dalam merencanakan dan memproses memori. Hilangnya memori bersamaan dengan penuaan telah diteliti dengan penurunan tingkat vitamin D pada orang tua. Sumber alami vitamin D adalah ikan makarel dan tuna.

Vitamin E
Seperti vitamin C, vitamin E juga bersifat antioksidan, bahkan lebih besar. Hal ini dapat membuat otak terlindungi dari kerusakan dan menjaga memori tetap utuh di tempatnya. Vitamin didapat dari beberapa jenis kacang-kacangan, namun juga ada suplemen. Namun suplemen vitamin E perlu mendapat rekomendasi dokter karena dosis yang berlebih dapat mengganggu kinerja pembekuan darah.

Demikian adalah vitamin yang dapat membantu anda meningkatkan memori otak dan tidak lupa lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *