Beberapa jenis makanan yang dapat menjaga Hemoglobin – sel darah merah

makanan yang dapat menjaga Hemoglobin

Anda pasti sering mendengar tentang Hemoglobin atau HB ketika ada seorang yang anda kenal mendapatkan penyakit demam berdarah. Pada penderita demam berdarah, jumlah hemoglobin per mililiter darah berkurang drastis karena dihancurkan oleh virus. Namun jarang yang mengerti apa itu hemoglobin. Hemoglobin adalah metaloprotein atau protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu hemoglobin juga memainkan peran penting dalam menjaga bentuk sel darah merah.

makanan yang dapat menjaga Hemoglobin

Penyakit demam berdarah dikatakan adalah penyakit yang serius bahkan mengancam nyawa penderitanya. Hal ini dikarenakan penurunan jumlah sel darah merah adalah hal yang serius sekali. Penyebab sel darah merah menjadi turun selain demam berdarah adalah anemia, infeksi atau pendarahan. Ada beberapa cara untuk menjaga sel darah merah tetap sehat, salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang mengandung zat besi. Dengan itu maka hemoglobin akan tetap sehat dan terjaga kekuatannya. Makanan-makanan yang dapat menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh kita diantaranya sebagai berikut:

  • Sayuran hijau seperti bayam, beetroot, kacang polong, kubis, lobak, kembang kol, kentang dan brokoli mengandung zat besi yang cukup untuk meregenerasi zat besi dalam darah serta mengaktifkan sel-sel darah merah. Tentu saja ini menjadi obat alami yang manjur dengan memasok oksigen segar ke darah.
  • Daging merah kerap kali mendapat reputasi buruk karena mengandung kolesterol atau lemak jahat. Namun daging merah dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Daging merah kaya akan zat besi heme yang mudah diserap oleh tubuh.
  • Buah-buahan seperti kismis, buah ara kering, plum, aprikot, apel, anggur dan semangga dapat membantu sel-sel darah merah mengalir sekaligus meningkatkan jumlah darah merah. Bahkan beberapa jenis buah jeruk dipercaya dapat mengikat zat besi.
  • Hampir semua kacang memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Kacang almond merupakan kacang yang memiliki kandungan zat besi yang paling besar dibandingkan dengan semua kacang yang ada. Sedikitnya enam persen kebutuhan zat besi tubuh bisa didapat dari satu ons kacang almond.
  • Produk gandum utuh selain mengandung serat juga mengandung zat besi tinggi. Periksa kemasan roti gandum, pasta dan sereal yang anda beli, setiap paket setidaknya harus mengandung 20 persen atau lebih asupan zat besi. Kandungan zat besi yang tinggi membuat setiap orang harus memasukkan produk olahan gandum dalam menu diet.

Demikian beberapa makanan yang mengandung zat besi dan bisa menjaga kualitas dan kuantitas hemoglobin dalam darah kita. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *