Beberapa Cara Untuk Melawan dan Mencegah Kolesterol Jahat

cara melawan kolesterol Jahat

cara melawan kolesterol Jahat

Pola hidup kita di dunia yang serba modern ini kadang-kadang bisa menyebabkan masalah buruk pada kesehatan kita. Hidup yang semakin cepat dan cepat, membuat kita kurang perhatian tentang mengambil makanan yang baik untuk sehat kita. Kita  lebih akrab dengan junk food atau makanan cepat saji dari pada makanan buatan sendiri yang sehat dan memenuhi kebutuhan gizi kita sehari-hari. Salah satu masalah yang disebabkan oleh makanan adalah kolesterol. Tercata ada sekitar 100 juta orang Amerika menderita kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi adalah ketika kolesterol dalam tubuh kita di atas 200 mg / dl. Kolesterol jahat akan menyumbat arteri dan menyebabkan beberapa penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Di bawah ini ada beberapa tips dari health.com yang insyaAlloh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadi masalah jantung.

Melawan Kolesterol dengan Obat Kimia

Statin adalah sejenis obat-obatan, yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau dikenal sebagai LDL lebih dari 50 persen dari sebelumnya. Ada beberapa statin yang tersedia, mereka Liptitor, Crestor, dan Zocor. Seperti seperti obat kimia lainnya, statin juga memiliki efek samping seperti peradangan otot dan dapat membuat enzim hati meningkat.

obat Statin penurun kolesterol

Obat-obatan berikutnya yang membantu kami melawan kolesterol jahat adalah Niacin. Niasin sebenarnya adalah vitamin B yang dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL. Niasin juga dapat memicu produksi HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Niasin juga dianggap sebagai powerful drugs  dalam bentuk tablet yang dapat diminum dua kali sehari. Niasin harus menggunakan resep dan dalam pengawasan dokter karena memiliki efek samping meningkatkan risiko masalah hati dan asam urat.

Melawan Kolesterol dengan Obat Alami

Bagi mereka yang mencari bahan alami untuk mengatasi masalah kolesterol, makanan berserat adalah salah satu jawabannya. Makanan berserat yang dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, buah, sayur, dan beberapa makanan lainnya. Makanan berserat dapat membantu kamu menekan kolesterol jahat atau LDL hingga 5 persen. Serat terbukti dapat membuat kamu kenyang tanpa terlalu banyak kalori di dalamnya. Ini merupakan cara yang murah dan mudah untuk melawan kolesterol jahat, karena kamu bisa menemukan bahan makanan ini di tukang sayur atau pasar tradisional yang mudah dijangkau dari tempat tinggalmu.

sayuran makanan alami penurun kolesterol

Selain makanan dan obat salah satu cara terbaik untuk meningkat HDL adalah melalui latihan yang intens. Studi mencatat bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kematian pada orang yang menderita serangan jantung sebesar 25%. Latihan adalah perilaku penting jika kamu ingin tetap sehat, dan juga untuk menjaga tingkat kolesterol jahat pada tubuh agar tetap rendah. Tentu saja, aktivitas fisik lebih sulit daripada makan makanan tertentu atau minum  pil. Ahli menyarankan kita untuk melakukan latihan tiga kali seminggu, hanya berjalan-jalan di lingkungan kamu atau naik ke lantai atas menggunakan  tangga dari pada penggunaan lift ketika kantor merupakan tindakan kecil yang dapat dianggap sebagai latihan juga.

Cara lain untuk melawan kolesterol jahat adalah dengan beras ragi merah atau dikenal sebagai red yeast rice. Beras ragi merah adalah suplemen yang dibuat oleh jamur yang tumbuh di sawah. Beras ragi merah mengandung lovastatin atau Mevacor yang dapat membantu tubuh kita melawan kolesterol jahat. Beras ragi merah disarankan bagi mereka yang tidak dapat mengkonsumsi statin.

Mengkonsumsi makanan sehat juga merupakan cara penting untuk melawan kolesterol. Kamu dapat memilih makanan rendah lemak seperti ikan, sayuran, atau buah dari pada daging merah. Makanan rendah lemak terbukti dapat menekan tingkat kolesterol jahat hingga 20 persen. Makanan rendah lemak juga membuat kamu jauh dari serangan jantung dan stroke. Kadang-kadang memang sulit untuk makan makanan sehat sementara ada banyak makanan tinggi   lemak yang lezat di luar sana. Memang sulit jika kita tiba-tiba mengubah kebiasaan makan kita. Namun kamu harus mencoba untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang rendah lemak demi kesehatan kamu.

Pada akhirnya kamu bebas menentukan apakah ingin menggunakan cara alami atau obat kimia. Obat atau zat kimia lainnya mungkin sangat efektif untuk menurunkan lemak tubuh dalam waktu singkat namun kamu harus pertimbangkan juga efek sampingnya bagi tubuh kamu. Sedangkan makanan alami dan pola hidup sehat membutuhkan waktu yang lama namun cara ini lebih aman dari pada menggunakan bahan kimia karena tidak memiliki efek samping yang buruk.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *