Beberapa cara menghentikan cegukan dengan baik dan benar

cara menghentikan cegukan

Pernahkah anda mengalami cegukan? Cegukan tentu saja berbeda dengan tersedak, meskipun penyebabnya mirip yakni adanya benda asing yang tidak sengaja masuk ke tenggorokan kita. Terkadang meskipun benda tersebut sudah keluar atau tidak jadi masuk ke tenggorokan yang menuju paru-paru, namun seringkali sensasi cegukan ini masih bertahan beberapa lama. Ini cukup memalukan sekali, terutama bagi orang dewasa. Bayangkan jika anda sedang berada di tempat umum, menghadiri suatu pertemuan atau yang lainnya.

cara menghentikan cegukan

Untuk mengatasi cegukan ini, ada beberapa hal yang dilakukan. Cegukan yang berkelanjutan biasanya disebabkan oleh aktifitas saraf di otak yang disebut nervus frenikus. Saraf ini bertanggung jawab atas mekanisme cegukan yang digunakan untuk mengeluarkan benda asing yang kecil, sedangkan jika benda asingnya besar, bukan lagi cegukan tapi tersedak. Namun terkadang sinyal yang diberikan oleh nervus frenikus terlalu berlebihan sehingga cegukan lebih lama dari kebutuhan. Untuk itu perlu adanya langkah serius untuk menekan nervus frenikus ini.

Yang pertama adalah menaikkan karbondioksida yang ada dalam darah kita. Cara ini akan menekan aktifitas saraf yang bertanggung jawab atas cegukan ini. Beberapa orang memberikan solusi untuk bernafas menggunakan kantong kertas supaya kita menghirup kembali karbondioksida yang keluar berkali-kali. Sedangkan cara lainnya adalah dengan menahan nafas selama yang kita bisa lalu menelan sesuatu saat cegukan dirasa akan datang. Cara ini pada umumnya mampu mengatasi cegukan dengan menghentikannya dalam hitungan detik.

Cara lain yang tak kalah manjur untuk menghentikan cegukan adalah dengan membungkukkan badan hingga jari tangan kita dapat menyentuh ibu jari kaki atau tidur terlentang dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut selama beberapa waktu hingga cegukan hilang. Meskipun masih sulit dicari korelasinya, namun cara ini juga ampuh menghentikan cegukan meskipun lebih lama dari teknik pernafasan diatas.

Bila cegukan tak hilang dalam beberapa waktu, perlu adanya konsultasi kepada paramedis dan dokter untuk mendapatkan pertolongan medis berupa obat-obatan yang tepat untuk menghentikan cegukan yang kita derita. Jika obat-obatan tak membantu, maka bisa dengan jalan akupuntur atau hipnosis. Mungkin otak akan bisa menjadi lebih santai dan tidak menekan pusat saraf penghasil cegukan. Namun jika cegukan tidak hilang dalam waktu bulanan, maka tindakan yang diambil haruslah dengan pembedahan untuk memblokir sinyal yang masuk ke nervus frenikus sehingga cegukan bisa berhenti.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *