Home / Kesehatan / Beberapa Alasan Mengapa Harus Menghindari Junk Food

Beberapa Alasan Mengapa Harus Menghindari Junk Food

Alasan Mengapa Harus Menghindari Junk Food

Alasan Mengapa Harus Menghindari Junk Food

Junk food adalah makanan yang menggoda. Anda sendiri mungkin tidak pernah lepas dari makanan ini setiap hari. Namun ada beberapa alasan kuat yang membuat anda harus segera berhenti mengkonsumsinya. Apa saja?

Pertama, junk food bisa menyebabkan masalah pada ginjal. Ini benar, berbagai kandungan di dalam junk food bisa menurunkan fungsi ginjal secara perlahan. Jika anda benar-benar tidak bisa lepas dari makanan ini, paling tidak anda harus tahu beberapa kandungan di dalam junk food yang harus dihindari. Jika anda melihat label natrium fosfat, kalsium fosfat, dan asam fosfat di dalam makanan kemasan, anda sebaiknya segera menghindari makanan tersebut tanpa berpikir panjang lagi.

Pernahkah anda mendengar bahwa mengkonsumsi junk food bisa mempercepat penuaan? Penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak mengkonsumsi Junk food bisa membuat wajah lebih cepat berkerut. Fosfat dan berbagai bahan lain yang bisa mempercepat proses penuaan kerap kali dimasukkan ke dalam junk food tanpa pernah kita sadari. Ini adalah salah satu alasan kuat mengapa anda harus menghindari junk food. Daripada mengkonsumsi junk food yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kulit lebih kencang seperti almond, lemon, buah pir, daun peterseli, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan sehat lain seperti salmon dan walnut yang kaya akan omega-3 dan baik untuk memperbaiki struktur kulit agar menjadi kencang kembali.

Alasan lain kenapa harus menghindari junk food adalah karena bisa memperpendek usia. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan sehat secara teratur minimal 5 kali seminggu, peluang hidupnya akan jauh lebih tinggi daripada mereka yang selalu mengkonsumsi junk food. Mulai dari sekarang kurangi, bahkan kalau bisa stop konsumsi junk food. Lebih baik anda mengkonsumsi makanan segar. Jika perlu tambahan rasa, anda bisa memakai bahan-bahan alami seperti cengkeh, lada, ketumbar, kunyit, jahe, dan banyak lagi yang lainnya.

Masalah lain yang sering muncul akibat terlalu banyak mengkonsumsi junk food adalah “kantong kering”. Banyak junk food mengandung penguat rasa yang berlebihan sehingga membuat kita ingin memakannya lagi dan lagi. Selain itu banyak junk food yang harganya mengalahkan makanan sehat.  Seseorang yang ketagihan junk food bisa memakan makanan hingga 5 kali setiap hari atau bahkan lebih. Kalikan saja jumlah tersebut dengan harga junk food. Jenis junk food beragam, begitu pula dengan harganya, dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah per porsi. Bukan hanya harga yang menjadi soal, namun kandungan di dalamnya seperti bisphenol, pewarna buatan, dan zat aditif lainya berbahaya bagi tubuh. Makanan sehat mungkin memiliki harga yang sama, namun paling tidak memiliki manfaat bagi tubuh. Kurangi makan di luar, masaklah setiap hari agar anda bisa mengontrol nutrisi dalam menu makanan anda.

Alasan lain mengapa harus menghindari junk food adalah makanan ini sering membuat kita lapar terus-menerus. Gula tambahan seperti gula jagung sering ditambahkan ke dalam junk food dan ini bisa menghambat sinyal yang memberitahu tubuh agar berhenti makan. Inilah yang menjadi penyebab konsumen junk food mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Selain karena rata-rata junk food berkalori tinggi, juga karena kita merasa ingin terus memakannya.

About admin

Check Also

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba Hidup panjang umur adalah dambaan semua orang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *