Bahaya pemakaian triclosan yang berlebihan

bahaya triclosan untuk manusia

bahaya triclosan untuk manusia

Bahaya pemakaian triclosan

Efek pemakaian zat kimia terhapap manusia dalam jangka panjang sudah banyak diteliti oleh para dokter dan peneliti di seluruh dunia. Selama puluhan tahun semenjak awal abad ke dua puluh kita telah terpapar banyak zat kimia yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kita.sebagian besar peneliti menyimpulkan bahwa zat-zat berbahaya tersebut adalah penyebab beraneka ragamnya penyakit saat ini, seperti kanker dan stroke. Zat kimia yang memapar kepada kita ada yang tidak kita pakai secara langsung, misalnya pestisida dan herbisida, namun ada juga zat kimia yang memapar kepada kita secara langsung karena kita sendiri yang memakainya seperti stereofoam dan triclosan.

Bahaya triclosan untuk manusia

Triclosan adalah salah satu bahan aktif yang terkandung dalam sabun anti-bakteri. Bahan ini sudah lumrah digunakan dalam sabun anti-bakteri sejak puluhan tahun lalu. Namun ternyata triclosan juga tidak sepenuhnya menguntungkan bagi manusia. Setelah penelitian yang panjang, para ahli menyimpulkan bahwa ternyata triclosan tidak cukup baik bagi kesehatan manusia dalam jangka panjang. Bahaya triclosan yang dapat muncul antara lain:

  1. Salah satu dari efek antibiotik yang dikenal lama di dunia kedokteran adalah bakteri menjadi kebal terhadap dosis antibiotik yang sama. Fenomena ini membuat bakteri menjadi bakteri super. Menurut penelitian FDA (Food & Drugs Administration, BPOM Amerika), triclosan adalah salah satu dari penyebab terciptanya bakteri super tersebut. Zat anti-bakteri yang banyak ditemukan pada sabun ini juga kerap dipakai oleh pasta gigi, deterjen dan beberapa produk kesehatan lainnya.
  2. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Edmonton menyebutkan bahwa triclosan akan merugikan kesehatan dalam jangka panjang. Selain membuat bakteri menjadi kebal seperti disebutkan pada nomer satu, triclosan ternyata dapat mengganggu proses normal kerja hormon dengan menjelma sebagai racun tiroid.
  3. Sebuah penelitian yang lain menyebutkan bahwa triclosan memiliki sifat klorofenol. Hal ini membuat triclosan menjadi penyebab hadirnya kanker di tubuh manusia. Klorofenol maksudnya adalah bisa tersimpan di dalam lemak jika masuk ke dalam tubuh.
  4. Beberapa negara, salah satunya Kanada maka telah melarang penggunaan triclosan pada produk yang beredar disana. Hal ini setelah ditemukannya suatu fakta bahwa triclosan juga menyebabkan pencemaran lingkungan dan memicu alergi.
  5. FDA juga mengeluarkan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa triclosan yang terakumulasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kelumpuhan, kemandulan dan lemahnya fungsi tubuh. Selain itu triclosan yang menumpuk dapat menyebabkan pendarahan otak, penurunan fungsi kelamin, masalah jantung bahkan hingga koma.

Bahaya yang terakhir masih dalam kajian lebih lanjut dikarenakan penyebab hal tersebut tidak hanya triclosan semata, namun juga bersama-sama dengan zat kimia yang lain. Selain itu ada bahaya dari zat kimia lain yang sejenis yakni triclorocarbon yang juga zat anti-bakteri. Sebuah penelitian pada tikus menyebabkan terhambatnya proses reproduksi dan menimbulkan resiko kanker. Oleh karena itu sebaiknya anda memakai produk anti-bakteri dengan bijak karena dapat menyebabkan masalah jangka panjang. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *