Bahaya garam bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan

Bahaya garam

Garam merupakan salah satu bahan tambahan masakan yang bisa membuat makanan jadi enak dan lezat. Tanpa garam, rasa makanan akan hambar, tidak ada asin, dan gurihnya. Untuk menambahkan garam pada olahan masakan haruslah pas takarannya, tidak boleh kurang atau lebih. Karena jika takarannya tidak pas, akan mempengaruhi rasa makanan.

bahaya garam bagi kesehatan
Foto garam

Sama halnya dengan masakan, garam bisa menyebabkan tidak enak pada kesehatan. Garam berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena garam mengandung sodium, jika tubuh terlalu banyak sodium maka dapat memicu tekanan darah tinggi yang bisa menyebkan stroke dan serangan jantung.

Salah satu alasan mengapa makanan cepat saji dianggap tidak sehat adalah karena makanan tersebut dianggap memiliki kandungan garam yang tinggi. Karena kita tidak tahu berapa banyak takaran garam yang ditambahkan untuk menghasilkan rasa gurih.

Seperti disandur dari sidomi, Dr. Step Havas,  mengatakan “sejak lama seharusnya garam atau sodium dikurangi”, “orang saat ini sakit-sakitan, orang menjadi lumpuh setiap hari karena sodium berlebihan”. Inilah bahanya garam bagi kesehatan jika terlalu berlebihan mengkonsuminya.

Dr. Stehep menyebutkan bahwa, Tubuh manusia membutuhkan zat garam sebanyak 150 mg. namun kadang seseorang memberikan garam pada masakan sebanyak satu sendok teh, atau sekitar 2.400 mg. Jumlah tersebut tentunya sangat tinggi. Sementara itu Asosiasi Jantung Amerika serikat merekomendasikan, konsumsi garam sebisa mungkin ditekan hanya sampai 1.500 mg perhari. Apabila melebihan takaran itu, orang harus menjaga tekanan darahnya harus tetap normal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi bagi kamu yang biasanya hobi makan garam sampai melebihi takaran rekomendasi di atas, sebaiknya segera mengurangi. Supaya bahaya garam tidak berdampak buruk bagi tumbuh kamu.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *