Bagian Ginjal dan Fungsi Ginjal Bagi Kesehatan Manusia

admin April 23, 2012 3



fungsi ginjal manusia

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang erat hubungannya dengan peredaran darah manusia. Ginjal manusia memiliki panjang kurang lebih sepuluh sentimeter. Ginjal berbentuk seperti biji kacang dan berjumlah dua buah. Masing-masing ginjal terletak di bagian kanan dan kiri tulang punggung agak ke bawah. Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting bagi sistem pengeluaran (ekskresi) manusia.

Fungsi ginjal adalah mengeluarkan bahan dan sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh lagi. Ginjal membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi dan mengambil zat-zat yang masih diperlukan tubuh. Ginjal juga bertugas mengatur kadar air dan bahan lainnya di dalam tubuh. Kelainan fungsi kerja ginjal dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti nefritis, diabetes melitus dan batu ginjal.

Menurut Encyclopedia Britanica, pada bagian luar ginjal terdapat pembuluh kecil darah yang diujungnya terdapat bagian yang menyerupai bola-bola bertutup lapisan halus. Pada setiap ginjal terdapat satu juta bola yang disebut glomeruli. Lebih banyak darah mengalir melalui ginjal setiap menit daripada melalui organ-organ lain di dalam tubuh. Dari glomeruli tersebut mengalir darah yang membawa zat-zat penting melalui sebuah lapisan tipis.

Ginjal Memproses Sisa Cairan Tubuh Menjadi Urine

Cairan yang terbuang melalui glomeruli disebut urine. Ia terkumpul pada bagian yang menyerupai cawan dan menutup setiap glomerulus. Suatu pipa yang disebut tubule bertugas mengosongkan mangkuk-mangkuk tadi. Bahan-bahan yang diperlukan tubuh dikembalikan ke dalam darah untuk diserap kembali menjadi sari-sari makanan. Dengan demikian, zat gula tidak hilang begitu saja dari dalam tubuh.

Bagian Ginjal dan Fungsi Ginjal Bagi Kesehatan Manusia

Banyak volume air di dalam tubule yang akhirnya dikembalikan ke dalam peredaran darah. Dengan demikian, ginjal membantu memelihara keseimbangan tubuh agar tetap cukup mengandung air. Apabila seseorang berkeringat atau tidak meminum air yang cukup banyak, ginjal akan mengirim lebih banyak cairan ke dalam tubuh sehingga volume air kencing pun akan berkurang.

Selain itu, tugas ginjal bagi metabolisme tubuh manusia adalah mengatur tingkat keasaman aliran darah. Semua tubule kecil yang berada di bagian dalam setiap ginjal bermuara pada sebuah kantong yang disebut kandung kemih. Urine atau air kencing turun melalui pipa yang disebut ureter dari ginjal menuju kandung kemih. Semoga informasi kesehatan ini bisa berguna untuk Anda. Ayo lindungi kesehatan ginjal dengan minum air putih minimal 6 gelas per hari!

 

3 Comments »

  1. ABA March 25, 2013 at 8:30 pm -

    Kurang Jir

  2. yuni March 21, 2013 at 12:43 pm -

    fungsi dari bagian ginjalnya kok gak ada sih ?

  3. anita March 13, 2013 at 7:34 pm -

    aduh,, mas kurang lengkap nhy !!

Leave A Response »