Bagaimana Tips menyimpan sayuran yang benar agar tetap awet segar

admin October 15, 2012 0


Tips menyimpan sayuran

Anda seorang ibu rumah tangga atau seseorang yang hobi sekali memasak pasti pernah mengalami suatu ketika sayuran yang anda inginkan untuk dimasak sudah rusak saat anda mengambilnya dari lemari es. Padahal sayur tersebut belum lama dibeli dan berada di lemari es. Bisa saja hal itu terjadi karena kesalahan dalam penyimpanannya. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda menyimak tips menyimpan sayuran berikut ini. Tips ini bertujuan untuk membuat sayura yang anda simpan bertahan lama. tips menyimpan sayuran segar

Tips menyimpan sayuran dengan kulkas

Pendinginan adalah salah satu cara untuk mengawetkan bahan makanan tanpa merubah sifat kimiawinya. Hal ini dimaksudkan untuk memperlambat pengrusakan bahan makanan oleh bakteri yang tidak dapat bekerja pada suhu dibawah normal. Adalah lemari es yang biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan rumah tangga. Hal ini dikarenakan lemari es sangat praktis dan ekonomis. Pendinginan dapat memperpanjang masa pakai sayuran dengan tidak merubah unsur atau hanya mengurangi sedikit dari kandungan yang ada di dalamnya. Sedangkan pembekuan atau freezing adalah penyimpanan bahan makanan dibawah titik beku suatu bahan, biasanya dibawah -10 derajat celsius. Pembekuan dapat membuat bahan makanan tahan hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun karena bakteri sama sekali tidak aktif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyimpan sayuran, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal ini:

  1. Suhu

Penyimpanan dengan pendinginan dilakukan ke dalam kulkas dengan kisaran suhu antara -1 hingga +4 derajat celsius. Pada suhu ini, maka pertumbuhan bakteri akan terhambat. Akan tetapi tidak semua bahan makanan dapat disimpan dalam rentang suhu tersebut. Seperti misalnya pisang dan tomat yang akan mengalami chiling injury berupa perubahan warna kulit menjadi coklat kehitaman dan teksturnya rusak jika disimpan dibawah suhu 13 derajat celsius.

  1. Kesegaran

Sayuran yang disimpan di dalam kulkas harus sayuran yang masih segar, sehingga usia penyimpanan lebih lama dan kualitas kandungannya terjaga dengan baik. Bila sayuran dalam keadaan busuk maka pembusukan akan menular pada yang lainnya.

  1. Lama penyimpanan

Waktu penyimpanan bisa berbeda pada setiap sayuran. Contohnya adalah brokoli hanya bisa disimpan selama 14 hari, wortel bisa mencapai 6 minggu, kacang buncis hanya 10 hari.

Tips menyimpan sayuran pada suhu kamar

Sayuran dapat disimpan di tempat terbuka dengan suhu kamar namun tentu saja memiliki masa simpan yang tidak sama dengan penyimpanan dengan pendinginan di kulkas. Untuk mendapatkan hasil penyimpanan yang maksimal dalam suhu kamar, perhatikan hal berikut ini.

  1. Sanitasi

Ini adalah hal yang paling penting. Sanitasi harus baik dan didukung sirkulasi udara yang baik. Suhu udara yang sejuk dan kering membuat sayuran dapat disimpan lebih awet dan lebih tidak mudah rusak.

  1. Kebersihan

Kebersihan ruangan dan tempat penyimpanan sayuran bisa berpengaruh terhadap lama sayuran disimpan. Sayuran yang ditaruh di tempat lembab, kotor atau basah maka akan cepat menjadi busuk.

  1. Cara menyimpan

Jangan tempelkan sayuran pada dinding dan lantai karena akan mempercepat pelunakan. Perhatikan ketebalan tumpukan sayuran karena jika terlalu tebal akan membuat sayuran yang paling bawah akan rusak tertimpa.

Demikian tips menyimpan sayuran supaya awet dengan pendingin atau suhu kamar. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.okefood.com/read/2012/06/15/304/647872/cara-ampuh-jaga-sayuran-tetap-segar-i

 

Leave A Response »