Aturan konsumsi jus buah yang bermanfaat bagi kesehatan

Aturan konsumsi jus buah

Selain nikmat, jus buah juga sehat. Tidak bisa kita pungkiri bahwa jus buah adalah cara yang paling mudah nikmat untuk menikmati buah. Kita dapat memperoleh manfaat beberapa buah secara langsung tanpa harus memakannya satu persatu. Seperti diketahui, nuah mengandung mineral dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia dengan menguatkan sistem imunitas dan membersihkan radikal bebas dari dalam tubuh manusia. Namun salah mengolah jus juga tidak baik karena kita tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Minum jus pun ada aturannya, supaya nilai kesehatannya bisa maksimal bagi tubuh kita.

Aturan konsumsi jus buah

Pengolahan jus buah harus benar dan waktunya harus tepat. Cara pandang yang salah terhadap jus dapat membuat manfaat jus buah menjadi tidak maksimal atau bahkan merugikan. Agar jus tidak terbuang percuma, anda harus mengikuti tips berikut ini:

Jus berasa asam bukan teman sarapan
Banyak orang minum jus di pagi hari. Selain segar, jus buah mengandung gula buah atau sukrosa yang bisa menjadi asupan energi sampai makan siang tiba tanpa harus kekenyangan. Serat yang terkandung di dalamnya juga baik untuk pencernaan. Namun jika anda mengkonsumsi jus yang berasa asam seperti jeruk, maka anda bisa sakit perut karena meningkatnya asam lambung. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi jus buah yang berasa manis seperti pisang, pepaua, apel atau wortel sebagai pilihan jus untuk pagi hari.

Jus adalah tambahan, bukan pengganti
Seringkali orang yang sedang diet mengganti makanan dengan jus. Memang disarankan untuk mengganti makan malam dengan jus bagi orang yang berdiet, namun tidak untuk sarapan dan makan siang. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tetap memerlukan asupan karbohirat, dan ini tidak ada dalam buah. Kebutuhan tubuh manusia adalah sekitar 1800 kalori per hari dan ini tidak akan bisa dipenuhi jika anda hanya mengkonsumsi jus saja.

Jus harus diminum bersama ampasnya
Mungkin tidak enak makan jus bersama ampasnya. Padahal justru ampas ini yang mengandung serat dan beberapa mineral yang baik bagi tubuh dalam jumlah besar. Vitamin C adalah salah satu yang sering terkandung pada kulit buah. Selain itu seimbangkan makan buah secara langsung dengan jus. Jika terlalu banyak minum jus, maka lambung anda tidak akan terbiasa dengan buah kasar dan akan mengalami mual jika makan buah secara langsung. Secara jangka panjang ini tidak baik efeknya bagi tubuh anda.

Jus dengan buah segar, gula dan madu
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus menggunakan buah yang segar dan berkualitas untuk membuat jus. Kualitas buah akan menentukan rasa dan manfaat jus. Selain itu biasanya ditambahkan gula atau madu. Jangan terlau banyak menambahkan gula dan madu. Perhatikan proporsi yang tepat. Meskipun madu bermanfaat, namun jika terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh manusia.

Mengkonsumsi jus bisa menjadi salah satu solusi dari masalah kesehatan anda. Anda bisa memilih buah yang sesuai dengan masalah kesehatan anda atau kebutuhan tubuh anda. Misalnya untuk menurunkan tekanan darah anda dapat membuat jus belimbing, dan lain sebagainya. Segala hal yang berada pada proporsi yang benar pasti akan menyehatkan. Jika kekurangan atau kelebihan, pasti akan merugikan. (Iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *