Apa saja Kandungan gizi dan manfaat lain buah kelapa

Kandungan gizi kelapa

Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, banyak manfaat buah kelapa yang bisa didapatkan. Buah kelapa dapat diolah menjadi dua bahan yang sedikit berbeda, yakni santan dan minyak kelapa. Mari kita bahas satu persatu kandungan gizi yang ada pada keduanya.

Kandungan gizi pada santan

Kandungan gizi santan kelapa

Santan adalah cairan yang diekstrak dari daging kelapa yang dicampur air lalu diperas. Cairan yang berwarna putih susu ini diperoleh dengan cara memeras campuran air dan daging buah kelapa yang diparut. Santan biasa digunakan dalam masakan berkuah yang menambah kelezatannya. Santan juga sering digunakan pada berbagai macam kue. Santan mengandung vitamin, mineral, folat, kalium dan nutrisi penting lainnya. Santan masuk dalam daftar superfoods sehat. Satu cangkir santan kental olahan mengandung 445 kalori, padahal susu beku pada takaran yang sama mengandung 485 kalori. Sedangkan santan kental mentah mengandung kalori maksimum yakni 552. Selain kalori tinggi, santan tidak mengandung kolesterol dan lebih banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung dan otak.

Kandungan gizi pada minyak kelapa

Minyak kelapa didapatkan dengan dua cara, yakni:

Kandungan gizi minyak kelapa

  1. Minyak kelapa yang didapatkan dengan merebus santan secara terus menerus. Minyak ini utamanya digunakan untuk memasak dan dapat digunakan sebagai kosmetik untuk kulit dan rambut. Minyak kelapa dapat melembabkan kulit, menjaga kulit tetap awet muda dan tampak bersinar. Perawatan rambut dengan minyak kelapa juga dapat membantu kualitas rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk minyak pijat yang menimbulkan efek relaksasi. Selain itu, jika digunakan dalam masakan maka akan mengurangi kadar kolesterol dan resiko penyakit yang berhubungan dengannya.
  2. Minyak kelapa yang didapatkan dengan cara pemerasan langsung parutan kelapa sehingga menghasilkan minyak yang beraroma kelapa. Nama minyak ini adalah minyak kelapa murni atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai virgin coconut oil (VCO). Minyak ini biasanya diproduksi secara massal karena membutuhkan peralatan yang tidak murah untuk ukuran rumah tangga. VCO dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit dibawah ini:
    1. Penyakit jantung, kolesterol tinggi, diabetes dan kegemukan
    2. Masalah pada hati, ginjal dan pencernaan
    3. Tekanan darah tinggi, kekebalan tubuh rendah dan pankreas
    4. Tulang dan gigi keropos
    5. Kanker dan penuaan dini

Manfaat lainnya dari buah kelapa

kandungan gizi kelapa

Selain kandungan gizi kelapa diatas, buah kelapa memiliki manfaat antara lain:

  1. Serat pada daging buah kelapa dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anda.
  2. Air kelapa dapat mengurangi ruam yang disebabkan oleh cacar dan campak.
  3. Air kelapa dapat membuat kulit anda lebih terlihat awet muda.
  4. Air kelapa dapat digunakan untuk membasmi cacing dalam usus sehingga membantu meringkankan kinerja pencernaan.
  5. Air kelapa dapat mengurangi kecepatan viral dari suatu virus.
  6. Air dan daging buah kelapa muda cocok untuk mereka yang sedang sakit karena energi instan yang mudah diserap oleh tubuh.
  7. Kandungan yodium organik dapat membantu mencegah gondok.
  8. Air kelapa dapat menghindarkan kita dari masalah ginjal karena menunjukkan sifat deuretik.

Demikian adalah kandungan gizi dan manfaat lain dari buah kelapa. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.paseban.com/11021991/discussions/5590

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *