Apa saja Gejala-gejala penyakit tipes ? mudah dikenali kok

gejala penyakit tipes

gejala penyakit tipes

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai penyebab penyakit tipes, maka saat ini kita akan membahas gejala dari penyakit tipes. Gejala tipes mudah sekali diamati karena menyerang pada bagian usus. Hal yang pertama tentu saja ada gangguan pada sistem pencernaan terutama pada usus halus. Setelah itu bakteri kemudian masuk ke pembuluh darah dan mengikuti kemana saja darah beredar. Ketika bakteri mencapai hati dan limpa, maka bakteri akan berkembang biak dan akan menyebabkan rasa nyeri ketika diraba. Pada umumnya, gejala tipes yang dapat diamati oleh orang awam adalah:

  1. Demam tinggi pada malam hari, umumnya berlangsung selama satu minggu. Pada anak-anak, kondisi demam ini tidak akan tampak pada siang hari karena anak-anak tampak segar seperti tidak terjadi apa-apa. Demam dikatakan tinggi jika suhu tubuh berada diatas 39 derajat celsius.
  2. Terasa mual dan muntah yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang limpa dan hati sehingga adanya pembengkakan pada bagian lambung penderita. Lambung yang tertekan menyebabkan makanan yang masuk menjadi sedikit. Jika dipaksakan maka akan timbul rasa mual kemudian memuntahkan kembali makanan yang diasup.
  3. Tubuh terasa lemas dan kepala pusing yang disertai dengan sakit perut. Rasa lemas dan pusing ini diakibatkan oleh demam tinggi sedangkan untuk sakit perut disebabkan adanya serangan bakteri pada bagian limpa dan hati.
  4. Lidah terlihat kotor pada anak-anak, menandakan bahwa ia sedang tidak enak badan. Akan tetapi khusus untuk gejala tipes, lidah bagian tengah berwarna putih, sedangkan warna bagian pinggirnya adalah merah. Menurut pengakuan penderita, mulutnya berasa pahit dan berimbas pada nafsu makan. Pada umumnya, penderita tipes akan menyukai makanan yang berasa asam atau pedas karena kuatnya rasa.
  5. Timbul diare dikarenakan bakteri yang menyerang pada saluran pencernaan. Namun ada juga yang justru mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar.
  6. Penderita yang telah mengalami gejala pada tingkat parah akan pingsan dan tak sadarkan diri dikarenakan rasa sakit yang tidak tertahankan. Selain itu jika sadar pun, penderita akan merasa lemas dan lebih banyak berbaring saja.
  7. Pada perut dan bagian dada terdapat ruam datar yang berwarna bintik merah.
  8. Seringkali mereka yang sudah parah gejalanya bisa mengalami mimisan.
  9. Pada bayi yang berusia dibawah satu tahun, gejala tipes sering disertai dengan adanya fontanel cekung atau noda halus pada bagian atas kepala. Bayi juga akan tampak lesu, menangis tanpa air mata dan diare.

Penyakit ini dapat menimbulkan bahaya, oleh karena itu diperlukan adanya tindakan cepat. Jika terjadi pada anak atau saudara anda, sebaiknya cepat ditanggapi dengan melakukan tindakan pertama yang tepat. Tindakan itu antara lain adalah tidak memberi makanan yang dapat membahayakan penderita tipes. Contohnya seperti:

  1. Sayuran tinggi serat seperti kangkung, bayam dan sejenisnya.
  2. Makanan yang pedas, meskipun banyak penderita yang menginginkannya dikarenakan mulutnya terasa pahit dan rasa pedas membangkitkan nafsu makan.
  3. Pada lima hari pertama, jangan diberi buah-buahan kecuali air jeruk. Air jeruk sekalipun harus diberikan setelah makan untuk menghindari naiknya asam lambung.

Demikian gejala-gejala tipes yang patut kita cermati dengan seksama untuk mencegah keadaan yang tambah parah bagi penderita. Semoga bermanfaat.

referensi : http://segerwarase.blogspot.com/2012/02/gejala-tipes.html

Facebook Comments

1 Comment

  1. jhen mandha

    apa yang menyebabkan gejala typus lebih tinggi padaa malam hari di bandingkan siang hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *