Alat-alat kesehatan yang harus ada di rumah

termometer alat kesehatan yang harus ada di rumah

termometer alat kesehatan yang harus ada di rumah

Ada pepatah mengatakan bahwa kesehatan itu lebih berharga daripada harta yang kita punya. Banyak orang yang mau menukarkan hartanya untuk kesehatannya, namun jarang sekali orang yang menukarkan kesehatannya untuk harta. Karena percuma punya harta yang banyak tapi tidak punya kesehatan untuk menikmatinya dengan nyaman. Untuk itulah timbul pula pepatah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan bisa dimulai dengan cara berolahraga rutin, mengatur pola dan menu makanan yang sehat dan tidur secara teratur. Selain itu kita harus memiliki intuisi yang peka apakah badan kita sedang dalam keadaan lemah, kurang sehat atau terserang penyakit. Dengan demikian kita dapat mendeteksi penyakit lebih dini sehingga mudah pengobatannya.

Untuk mengontrol dan memantau kondisi tubuh diperlukan alat-alat kesehatan yang dapat memonitor kesehatan kita secara berkala. Alat-alat apa yang seharusnya ada di rumah untuk melakukan hal tersebut? Ini dia daftarnya:

Termometer. Termometer berguna untuk mengukur suhu. Termometer ada yang khusus dibuat untuk manusia, jangan salah membeli termometer untuk mengukur suhu ruangan. Itu berbeda sekali. Ini sangat penting sekali bagi mereka yang memiliki anak kecil atau bayi. Dengan mengukur suhu tubuh kita dapat menentukan pasti panas tubuh yang diukur dalam keadaan normal atau tidak. Termometer sendiri ada dua macam, yakni termometer air raksa dan termometer digital. Untuk termometer air raksa menggunakan air raksa yang menunjukkan suhu yang diukur, sedangkan termomter digital langsung menampilkan angka suhu pada layarnya. Harga termometer tidak terlalu mahal, sekalipun yang digital.

Tensimeter. Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah kita. Alat ini sangat diperlukan oleh mereka yang memiliki kelainan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di otak menjadi pecah dan pada akhirnya menyebabkan stroke. Tensimeter sendiri sama seperti termometer, ada yang menggunakan cairan, ada pula yang menggunakan digital. Harganya pun tidak sama, tergantung kualitas dan mereknya.

Pengukur gula darah, kolesterol dan asam urat semakin populer di masyarakat. Sudah banyak orang yang menggunakannya karena semakin populer juga penyakitnya. Tidak hanya orang tua saja, bahkan anak-anak dan orang usia produktif mengalami hal ini. Tentu saja ini lebih disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dalam masyarakat. Ada baiknya rumah tangga memiliki alat pengukur tiga hal diatas. Di pasaran sudah banyak alat yang digunakan untuk mengukur hal tersebut. Ada alat yang dapat mengukur ketiga hal diatas dalam satu waktu, namun ada yang sendiri-sendiri. Mengenai hargga tentu saja bervariasi. Untuk mendapatkannya cukup mudah. Anda tinggal mencari toko alat kesehatan atau dapat memesannya secara online di internet.

Alat-alat kesehatan diatas adalah investasi awal dari kesehatan anda. Tidak mengapa mengeluarkan sedikit biaya namun kesehatan anda bisa terpantau maksimal. Jadi jika sakit akan cepat diketahui dan bisa mendapatkan penanganan yang cepat sehingga mudah disembuhkan. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

  1. theciboy

    betul gan kita hrus selalu waspada dgn menyediakan obat dirumah,,
    kunjungan balik ya sob,, thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *