Alasan wanita sulit menurunkan berat badan – bagian pertama

berat badan wanita

berat badan wanita

Banyak wanita yang merasa kesulitan dalam menurunkan berat badannya. Baru saja turun satu kilo dalam sebulan, namun bulan berikutnya justru naik tiga kilo. Wanita merasa bahwa mereka lebih sulit menurunkan berat badan dibanding pria. Perasaan ini sejatinya bukan hanya mitos, namun adalah suatu kenyataan dan faktor penyebabnya ada cukup banyak. Seperti yang kita tahu, mengurangi porsi makan, mengatur pola makan dan olahraga teratur adalah cara untuk mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Namun jika hal tersebut sudah dilakukan dengann benar dan berat badan anda cenderung tetap atau bahkan naik, bisa dipastikan berat badan anda sulit turun. Jika ini terjadi, berarti anda menderita salah satu penyebab berat badan sulit turun berikut ini.

Anda mengalami intoleransi makanan tertentu

Kebanyakan dari kita akan mudah menyadari bahwa kita alergi terhadap satu makanan tertentu. Seperti misalnya alergi terhadap seafood yang menyebabkan bercak merah pada kulit dan gatal-gatal. Namun banyak juga yang tidak mengetahui tentang alergi dan intoleransi makanan sehingga tidak menyadari bahwa mereka menderita hal tersebut. Dalam menurunkan berat badan ini mungkin terjadi alergi makanan yang menyebabkan tubuh bereaksi yang salah terhadap makanan tertentu. Hal ini dapat dengan mudah terlihat dengan cepat setelah makanan tersebut kita konsumsi.

Penyebab intoleransi makanan adalah karena kekurangan enzim pencernaan tertentu dalam tubuh dan penolakan tubuh terhadap zat tambahan dalam makanan yang anda konsumsi. Intoleransi makanan dalam hal ini baru dapat kita lihat setelah waktu tertentu, tidak secepat alergi makanan. Gejala yang ditimbulkan oleh intoleransi makanan adalah eksim, sembelit dan beberapa penyakit pencernaan lainnya. Intoleransi makanan mempengaruhi 1 dari 10 penderita alergi. Jadi, penderita alergi belum tentu penderita intoleransi makanan, sedangkan penderita intoleransi makanan pasti menderita alergi.

Jika anda terdiagnosa menderita intoleransi makanan ketika berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya anda mencoba menghindari makanan seperti jagung, kacang-kacanganan dan segala macam makanan yang mengandung tepung.

Permasalahan pada kelenjar tiroid

Semua orang memiliki kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur metabolisme dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang tidak aktif atau bermasalah akan menyebabkan sirkulasi pemakaian energi tidak seimbang dan menghambat metabolisme. Selain itu juga akan mengakibatkan kerusakan lain dalam tubuh. Gejala kelenjar tiroid yang bermasalah memiliki gejala diantaranya adalah anda mudah lelah, rambut rontok, menstruasi berat, kulit kering dan mudah depresi. Kelenjar tiroid yang lemah tidak akan menimbulkan masalah seperti yang disebutkan, namun akan membuat anda kesulitan menurunkan berat badan karena metabolisme yang tidak lancar.

Demikian adalah dua hal yang menjadi penyebab wanita kesulitan menurunkan berat badan. Masih ada beberapa alasan lain yang akan kami bahas dalam artikel sebab wanita sulit menurunkan berat badan bagian kedua.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *