Alasan positif mengapa harus membuat makanan bayi sendiri

membuat makanan bayi sendiri

Tidak semua ibu dapat membuat makanan untuk bayinya dikarenakan membuat makanan bayi memang gampang-gampang susah. Hal ini yang memicu banyak ibu lebih memilih makanan bayi instan yang biasa dijual di supermarket dan toko-toko daripada harus membuatnya sendiri. Padahal sebenarnya membuat sendiri makanan bayi merupakan langkah yang baik untuk memastikan buah hati anda memperoleh asupan gizi yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhannya. Berikut adalah beberapa alasan kenapa ibu harus membuat makanan sendiri untuk bayinya.
membuat makanan bayi sendiri
Yang pertama adalah anda memegang kontrol terhadap apa yang anda masukkan ke dalam tubuh bayi anda. Dengan membuat makanan untuk bayi anda sendiri, anda dapat memutuskan apa yang boleh masuk ke dalamnya, sehingga anda tahu bahwa makanan itu sehat, aman dan segar. Selain itu makanan bayi yang dibuat sendiri tentu saja memiliki rasa yang jauh lebih baik dibandingkan makanan bayi instan yang dibeli di toko. Selain itu, pengalaman ini dapat menjadikan ikatan emosi anda dan bayi menjadi lebih terbentuk.

Makanan bayi instan yang biasa dibeli di toko dimasak pada suhu tinggi untuk membunuh bakteri dan membuatnya awet. Meskipun tidak mengubah kandung vitamin, namun mungkin saja mengubah kandungan mineral yang ada di dalamnya. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Food Chemistry mengatakan bahwa makanan bayi instan mengandung mineral kurang dari 20 persen dari tingkat yang direkomendasikan. Bahkan ada makanan instan yang mengandung zat tepung, minim protein, menggunakan pengawet dan tidak menggunakan bahan organik. Hal ini dapat membuat bayi anda menghadapi bahaya kesehatan di kemudian hari.

Makanan bayi instan memang memiliki banyak pilihan kombinasi yang menarik. Namun jika anda berbicara mengenai makanan bayi yang dibuat sendiri, sebenarnya ada lebih banyak lagi pilihan. Variasi tekstur dan rasa makanan dapat anda buat sendiri, bahkan setelah bayi berusia 9 bulan, anda dapat menambahkan rempah dan bumbu untuk menambahkan rasa. Dengan ini bayi anda tidak akan bosan dengan makanan yang itu saja dan nafsu makannya tidak turun.

Selain itu membuat makanan bayi sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat membuat dalam jumlah besar lalu menyimpannya di kulkas untuk diberikan kepada bayi anda dalam satu hari dan hanya menyita waktu anda tidak lebih dari satu jam per hari, bahkan jika menyangkut buah, semua dapat diberikan tanpa dimasak terlebih dahulu. Namun yang terpenting adalah bayi anda mendapatkan kepastian makanan yang sehat.

Membuat makanan bayi sendiri dapat mencegah dan mengurangi resiko bayi menjadi orang yang suka memilih makanan. Dengan orang tua yang selalu memberikan variasi bermacam menu makanan, dalam jangka panjang bayi akan tumbuh menjadi pemakan yang baik dan tidak hanya menyukai satu jenis makanan saja. Ditambah lagi makanan yang biasanya sulit diberikan pada anak-anak adalah sayuran. Meskipun warnanya menarik, namun karena rasanya yang cenderung hambar membuat anak tidak menyukainya. Namun jika anda terbiasa memberikan sayuran segar untuk bayi anda, maka ketika ia tumbuh menjadi anak-anak nanti, ia tidak akan memiliki kecenderungan mengabaikan sayuran karena ia sudah pernah memakannya.

Facebook Comments

2 comments

  1. andi lamus setiawan

    biar byi kta ttp sht . . . Kta ksh mkan apa aza ea tlg di jwb trima ksh tas infonya. . .

  2. anis

    Betul banget , masa golden age anak jangan sampai tidak optimal disebabkan makanan yang di konsumsinya. Sebagai ortu / calon ortu harus bijak memilih yang terbaik bagi anak. Jangan hanya karena ingin serba cepat sehingga generasi islam nantinya tidak berkualitas..
    LIKE this friend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *