Akibat dan solusi dari telat menstruasi

solusi dari telat menstruasi

solusi dari telat menstruasi

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang penyebab terlambat menstruasi bagi wanita. Bagi gadis yang sudah memasuki masa menstruasi, normalnya usia 9-12 tahun, hal ini sangat penting. Oleh karena itu butuh pemeriksaan segera jika seorang gadis telah mencapai usia melewati kelaziman namun belum mendapatkan menstruasi. Salah satu penyebab menstruasi adalah selaput dara yang sangat rapat. Selaput dara yang normal memiliki lubang seperti pori-pori. Jika selaput daranya terlalu rapat, seorang wanita masih dapat menstruasi, namun belum tentu bisa keluar. Darah yang tidak bisa keluar, maka darah menstruasi bisa mengumpul di dalam rahim dan menimbulkan penyakit.

Akibat terlambat menstruasi

Sebuah pertanyaan yang menarik dan penting diketahui jawabannya adalah apa pengaruh terlambat menstruasi bagi kemungkinan mendapatkan keturunan. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah jangan mudah menyimpulkan bahwa menstruasi terlambat akan sulit mendapatkan keturunan. Alsannya adalah karena banyak juga wanita yang mendapatkan menstruasi tidak teratur namun bisa hamil dan banyak juga wanita yang menstruasinya teratur namun tidak kunjung hamil setelah sekian tahun menikah. Penyebab terlambat menstruasi ada banyak dan tidak selamanya berhubungan dengan kurangnya kesuburan.

Solusi untuk terlambat menstruasi, perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Ada masalah, tentu saja ada solusinya. Menstruasi yang terlambat dan tidak teratur tentu saja harus diupayakan menjadi teratur. Hal yang pertama kita harus ketahui adalah kendala wanita ketika menstruasinya telah datang. Kendala wanita saat menstruasi datang adalah nyeri yang terjadi menjelang dan saat menstruasi. Jika dideskripsikan lebih jelas, rasa nyeri ini adalah rasa mual, ingin muntah dan mulas di perut. Bahkan beberapa wanita mengalami kram perut saat darah menstruasi akan keluar. Sebenarnya rasa nyeri tersebut wajar, namun jika terjadi terus menerus, tentu saja perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Jika terjadi lebih dari masa haid, maka harus segera diperiksa ke dokter. Apalagi jika seorang wanita yang telah menikah dan melakukan hubungan intim, bisa jadi hal ini adalah gejala infeksi pada organ genital. Jika terjadi seperti itu perlu diperiksakan ke dokter untuk melihat penyebabnya lebih lanjut. Jika memang tidak ada masalah dengan organ genital dan nyeri yang ada itu adalah normal, maka mengonsumsi sayuran dan buah sebanyak-banyaknya dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Makan sayur yang banyak mengandung zat gizi dan serat dapat membantu wanita mengatasi rasa tidak enak ketika dalam masa menstruasi. Memperbanyak makan sayuran dan buah tidak hanya mencegah keterlambatan menstruasi, namun juga dapat meningkatkan kesehatan karena mengandung gizi yang tinggi. Dengan tubuh yang sehat, metabolisme lancar dan hormon pun akan sempurna dalam mengatur menstruasi. Terlambat menstruasi bisa menjadi masa lalu.

Demikian ulasan mengenai akibat dan solusi masalah telat menstruasi. Semoga ulasan ini dapat membantu wanita dalam mengatasi masalah yang sangat mungkin terjadi dalam hidup mereka. Pencegahan tentu saja lebih baik daripada mengobati. (iwan)

Facebook Comments

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *