Air dan manfaatnya bagi tubuh manusia

manfaat air bagi kesehatan tubuh manusia

manfaat air bagi kesehatan tubuh manusia

Semua orang tahu bahwa air sangat diperlukan untuk kelangsungan semua makhluk hidup di seluruh muka bumi. Air diperlukan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Hewan dan manusia memerlukan untuk proses pencernaan dan detoksifikasi atau pembersihan racun. Manusia bisa bertahan 3 hari tanpa makanan namun tidak lama tanpa air. Selain itu rata-rata 75% penyusun makhluk hidup adalah air. Untuk hewan tertentu, air bahkan digunakan sebagai habitat. Sehingga tidak mengherankan jika bumi tersusun dua pertiganya dari air.

Manusia dianjurkan untuk meminum dua sampai dua setengah liter per hari atau setara dengan delapan gelas. Manfaat air bagi tubuh manusia tentu sangat banyak mengingat ini adalah zat yang paling esensial dan utama. Manfaatnya antara lain sebagai berikut:

Menambah kecantikan alami
Kulit yang kering akan mengalami kematian sel dan menjadikannya berkerut sehingga tidak tampak cantik. Untuk menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit maka jumlah air di dalam tubuh harus dijaga seimbang.

Memperlancar pencernaan
Proses pengolahan makanan di dalam organ pencernaan akan lebih mudah jika tersedia cukup air. Pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan atau sisa makanan juga akan mudah jika ada cukup air untuk melarutkannya. Dengan minum cukup air maka kita akan terhindar dari penyakit maag dan sembelit.

Melangsingkan tubuh
Air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah natrium sehingga air tidak menambah berat badan secara permanen. Air juga membuat lemak dalam tubuh menjadi lebih mudah terurai. Minum air hangat sebelum makan dapat membantu merasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan.

Nutrisi lebih lancar
Asupan air yang cukup dapat memperlancar peredaran darah karena darah berada dalam kekentalan (viscositas) yang sesuai. Minum cukup air juga menghindarkan kita dari kelelahan dan memperingan kinerja ginjal dan hati sehingga membuat kedua organ tersebut lebih sehat.

Memelihara fertilitas
Air dapat membantu meningkatkan kesuburan karena akan merangsang produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Ini bagus untuk anda yang sedang menginginkan keturunan.

Air yang sehat bercirikan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Beberapa air memiliki aroma yang berbeda tergantung pada sumber air tempat dimana air tersebut diambil. Aroma air tersebut berbeda berdasarkan zat mikro yang terkandung di dalamnya. Mineral ini penting dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Untuk menghindari resiko kerugian kesehatan, jika sumber air tidak jelas higienitasnya, anda lebih baik memasak air sebelum diminum. Namun jika sumbernya jelas dan dapat dipercaya, tidak menjadi masalah jika air diminum langsung tanpa dimasak. Bahkan di beberapa daerah pegunungan, masyarakatnya memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi daripada di daerah lain karena sering menkonsumsi air langsung dari sumbernya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *