Ada Tiga Pilihan Cara Melahirkan – Kenali dan Pahamilah

Setelah kehamilan terjadi dan berlangsung selama berbulan-bulan, proses kelahiran adalah suatu keadaan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seorang calon ibu.Dengan harap-harap cemas, sang calon ibu menantikan jabang bayinya lahir di dunia ini. Selain itu, melahirkan juga bukan pekerjaan yang ringan. Butuh pengorbananan yang besar untuk menahan rasa sakit mengeluarkan bayi sebesar itu ke dunia. Bahkan beberapa ibu mempertaruhkan nyawanya ketika dalam proses melahirkan. Rasa sakit yang luar biasa ini pula yang mengilhami para pekerja di bidang medis untuk menawarkan beberapa alternatif proses melahirkan, seperti caesar dan lain-lain. Berikut adalah sedikit ulasan tenang beberapa proses melahirkan yang dipilih para calon ibu.

Melahirkan secara normal

Menurut banyak ibu yang pernah mengalaminya, melahirkan normal itu sangat berat dan sakitnya tiada tara. Membutuhkan perjuangan yang besar untuk melakukan hal tersebut. Namun dengan melahirkan secara normal, maka seorang ibu akan benar-benar tahu bagaimana beratnya perjuangan menjadi seorang ibu yang melahirkan. Dan ketika sang bayi sudah ada di pelukannya, maka rasa sakit dan lelah yang mendera akan sirna. Meskipun berat, sakit dan tidak mudah namun kesehatan dan kondisi seorang ibu yang melahirkan secara normal akan lebih mudah pulih. Dengan beristirahat selama satu hari dan mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi, seorang ibu akan pulih seperti sedia kala. Luka robek yang terjadi pada pagina dapat pulih dengan perawatan yang minimal. Aktivitas normal dapat dilakukan 3-7 hari setelah melahirkan. Untuk memudahkan persalinan secara normal, pada saat kehamilan lakukan olahraga ringan secara teratur, ikuti senam hamil, makan makanan yang bergizi seimbang dan lakukan pijat Penineum.

Melahirkan dengan cara caesar

Cara melahirkan yang ini sangat mudah, hampir tanpa rasa sakit yang berkepanjangan. Sebelumnya seorang ibu akan dibius lalu dioperasi untuk mengambil bayi langsung dari rahim sang ibu lewat perut. Namun anda perlu tahu bahwa menurut laporan dari British Medical Journal, melahirkan melalui caesar empat kali lebih beresiko komplikasi daripada melahirkan secara normal. Menurut para ahli, resiko infeksi pada rahim terjadi pada 12 dari 1000 kelahiran menggunakan cara caesar. Selain itu, ibu yang melahirkan melalui caesar akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan diri dari luka bekas operasi, baik fisik maupun emosional. Tentu saja luka jahitan bekas operasi akan terus terasa sakit sepanjang itu belum sembuh.

Melahirkan dengan cara hypnobirthding

Kebanyakan ibu sebenarnya menginginkan melahirkan bayinya secara normal, namun seringkali dipenuhi dengan kecemasan dan kekhawatiran tentang apakah ia bisa melakukannya atau tidak. Apalagi jika mendengar tentang rasa sakit yang dapat menderanya nanti. Oleh karena itu ada metode untuk meminimalisir rasa sakit yakni dengan metode hypnobirthding, melahirkan di dalam air. Cara ini dapat menghilangkan beberapa kemungkinan fobia dan trauma kehamilan pada wanita dengan cara membuat wanita lebih santai dalam melahirkan. Saat ini rumah sakit dan klinik bersalin sudah banyak yang menyediakan tempat untuk ini. Lebih baik ibu mencari dan memesan tempat jauh hari sebelum masa melahirkan tiba. Keadaan tenang dan tidak tergesa-gesa akan membuat seorang ibu tenang.

Melahirkan adalah proses yang indah dan ditunggu oleh setiap keluarga di seluruh dunia. Bayi adalah manusia baru yang akan memberikan berkah dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tuanya, baik saat dilahirkan maupun kelak saat ia besar nanti. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *