3 Tanda-tanda kehamilan pada awal bulan

admin September 21, 2012 1



Tanda tanda kehamilan di awal bulan

Kadangkala tanda kehamilan bagi calon ibu diartikan seperti tanda menjelang menstruasi sehingga ada banyak kasus keguguran karena ketidaktahuan calon ibu mengenai tanda-tanda kehamilan yang dialaminya. Ketidaktahuan ini menyebabkan keselamatan janin terancam dan bahkan keguguran. Aktivitas atau konsumsi makanan yang tidak baik bagi kesehatan kandungan masih dilakukan oleh ibu yang hamil pada bulan pertama karena ia tak tahu bahwa dirinya hamil. Padahal makanan tersebut dapat merusak janin dan menyebabkan keguguran. Namun ada pula yang menganggap tanda-tanda menstruasi adalah tanda-tanda hamil dan akhirnya salah perkiraan.

Tanda tanda kehamilan di awal bulan

Banyak wanita yang merupakan calon ibu yang beranggapan bahwa tanda kehamilan itu adalah terlambat menstruasi. Memang ini tidak salah karena terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun terlambatnya menstruasi tidak dapat secara mutlak menghasilkan kesimpulan bahwa seorang wanita hamil. Terlambat menstruasi dapat juga diakibatkan oleh pola makan yang buruk, stres, capek berlebih dan adanya gangguan sistem hormon yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Mari kita menyimak tanda kehamilan yang sering dialami oleh para ibu.

Terjadi perubahan pada payudara

Pada wanita yang mengalami awal kehamilan, umumnya mengalami pembesaran pada bagian payudara. Pembesaran payudara ini diakibatkan oleh peningkatan hormon estrogen dan hormon progresteron pada tubuh wanita hamil. Selain membesar, kondisi payudara juga menjadi lebih lembut dan memiliki sensitivitas yang lebih tinggi sehingga seringkali terasa sakit jika disentuk. Memang ada kesamaan pada wanita yang akan menstruasi, namun menstruasi tidak menyebabkan payudara menjadi lebih besar.

Selain itu puting payudara wanita yang akan menstruasi tidak menjadi gelap dan mebesar atau kadang terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara wanita hamil akan semakin terlihat karena adanya penegangan pada payudara yang semakin membesar. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas dari hormon HPL atau Human Placental Lactogen yang diproduksi oleh tubuh si calon ibu pada saat hamil untuk menyiapkan ASI bagi bayi yang akan lahir.

Muncul bercak darah atau flek dan juga kram perut

Akan muncul bercak darah pada awal masa kehamilan yang muncul sebelum fase menstruasi. Yakni umumnya terjadi pada hari ke-8 hingga hari ke-10 setelah terjadinya ovulasi. Hal ini disebabkan adanya aktivitas menempelnya zigot ke dinding rahim atau implantasi. Bercak darah pada tanda hamil ini sering disalahartikan sebagai menstruasi. Perbedaannya adalah flek ini tidak muncul secara terus menerus seperti pada menstruasi.

Selain keluarnya bercak darah akibat implantasi, akan ada tanda kehamilan lain yakni terasa kram pada perut. Calon ibu yang mengalami kehamilan pada awal akan mengalami kram perut secara konstan dan teratur selama kehamilan tahap pertama ini terjadi. Kram perut akan terus berlangsung hingga posisi uterus atau rahim tepat berada di tengah dengan posisi yang pas disangga oleh panggul. Maka demikian wanita yang hamil akan mengalami pembesaran pada panggul.

Mual dan muntah-muntah

Separuh dari keseluruhan wanita hamil akan mengalami tanda-tanda ini. Terjadinya rasa mual dan muntah atau sering disebut dengan morning sickness adalah adanya peningkatan jumlah hormon secara tiba-tiba di dalam darah. Selain itu, hormon juga meningkat pada saluran air kencing, sehingga terbawa keluar. Hormon inilah yang dideteksi oleh alat pendeteksi kehamilan sebagai tanda-tanda awal terjadinya kehamilan yang biasa disebut test pack. Alat ini bekerja untuk mengetahui kadar hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin pada air seni wanita untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak. Peningkatan hormon ini juga menyebabkan rasa peruh pada lapisan perut dan membuat mual. Mual ini akan menghilang setelah kehamilan mencapai usia lebih dari 3 bulan.

Demikian adalah 3 tanda-tanda kehamilan pada bulan pertama. Semoga ini berguna bagi calon ibu sehingga tidak salah dalam mengenali tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada dirinya. (iwan)

 

 

One Comment »

  1. hengki March 13, 2013 at 3:28 pm -

    hai smua sy mau ikut nimbrung…sy seorang suami yg sudah menikah slama 4 thn dengan istri sy tp belum di karunia anak..namun skarang istri sy sudah positif hamil dan baru diketahui kehamilan setelah usia kandungan 3 minggu..! Yg mau sy taanyakan setelah hamil 2 bln istri sy mengeluarkan flek/ darah dan terkadang ada semacam lendir2 kecil…bahayakah itu? klo riwayat mens istri sy terkadang gk tentu kadang gk mens slama 4bln…apakah bahaya atau terancam keguguran istri sy?..Tks. Mohon pencerahan nya ya.
    Maklum baru pertama x.

Leave A Response »