Tujuh Hikmah Puasa Bulan Ramadhan bagi umat muslim

hikmah bulan Ramadhan bagi umat muslim

hikmah bulan Ramadhan bagi umat muslim

Beribadah adalah hal yang wajib bagi umat muslim yang mengaku beriman kepada Allah dan RasulNya. Namun diketahui oleh khalayak ramai bahwa Allah tidak butuh disembah. Ketaatan dan kepatuhan manusia tidak mengurangi atau menambah kekuatan dan kekuasaan Allah karena Allah Maha Kaya, Maha Memiliki dan maha-maha yang lain. Hal ini tentu membuat kita berpikir bahwa sebenarnya ibadah itu manfaatnya untuk kita sendiri. Nah, berhubung ini Ramadhan, kita kan wajib puasa nih. Sebenarnya apa sih hikmah di balik kita puasa selama sebulan penuh itu? Mari kita telisik lebih lanjut.

Hikmah Bulan Ramadhan

Hikmah pertama, di bulan Ramadhan, kita melatih diri untuk disiplin waktu. Kita dilatih untuk tepat waktu dan sesuai jadwal. Sebelum imsa’ kita harus bangun, menyiapkan dan makan sahur, waktu subuh kita sholat, waktu terbenam matahari kita berbuka, setelah itu kita sholat tarawih, dan seterusnya. Semua kita lakukan pada waktunya sehingga bisa dianggap kita telah dilatih untuk disiplin waktu.

Hikmah kedua adalah melatih kita untuk seimbang dunia dan akhirat. Jika pada bulan lalu kita sering melalaikan Allah untuk hal-hal yang bersifat duniawi, ini saatnya kita menata diri dalam beribadah kepadaNya, supaya tercapai keseimbangan dunia dan akhirat. Ibadah dan pekerjaan dunia haruslah seimbang, sehingga kita menjadi manusia yang seutuhnya.

Hikmah ketiga adalah mengajarkan kepada kita pentingnya tali silaturrahim dan ukhuwah islamiyah. Banyak orang bersedekah, memberikan takjil, belajar banyak ilmu tanpa membayar sepeserpun, saling bercengkerama dan lain sebagainya.

Hikmah keempat adalah ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang tak berpunya. Kita tentu merasa lapar dan dahaga, mengingatkan kita betapa menyedihkannya nasib orang yang tidak berpunya. Mungkin kita hanya beberapa jam saja, lalu kita bisa berbuka puasa (mungkin dengan makanan yang lezat), sedangkan mereka yang miskin tak berpunya bisa saja puasa sepanjang siang dan malam. Tentu ini membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang diberikanNya.

Hikmah kelima adalah melatih diri menghindari dosa. Kesungguhan niat dalam ibadah di bulan Ramadhan ditunjukkan dalam niat berpuasa yang melatih diri kita untuk menghindari dosa-dosa di luar bulan Ramadhan seperti ghibah dan maksiat. Seharusnya setelah ini kita terbiasa untuk menghindari dosa-dosa tersebut.

Hikmah keenam adalah melatih diri untuk berhati-hati dalam bertindak dan berkata-kata. Apalagi jika itu mengandung dosa. Kita juga dilatih bahwa hidup ini harus punya nilai ibadah, selain menghindari dosa. Menyingkirkan duri dan batu dari jalan, tersenyum pada orang lain bahkan hingga tidur pun dianggap ibadah.

Hikmah ketujuh adalah mengajarkan kepada kita untuk sabar menghadapi cobaan. Mungkin diantara kita ada yang diuji dengan fitnah, hinaan atau apapun itu, namun kita bisa tetap sabar karena kita sedang puasa. Dengan demikian usaha syaitan memperuncing konflik menjadi gagal karena kita bersabar.

Demikian tujuh dari sekian banyak hikmah bulan Ramadhan bagi kita semua. Di sini penulis hanya menunjukkan bahwa Ramadhan itu penting bagi manusia. Sungguh merugi sekali orang-orang yang melewatkan Ramadhan, yakni mereka yang menjalani Ramadhan tanpa mendapatkan hikmah apapun. Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Aamiin. (iwan)

Facebook Comments

1 Comment

  1. sakinah

    Didikan Ramadhan merupakan satu pakej pendidikan di antara satu sama lain kuat-menguatkan. Siangnya puasa, sembahyang ditambah lagi dengan Tarawikh, disusuli dengan membaca Al Quran. Ditambah lagi dengan perkara-perkara sampingan, zikir, tasbih, tahmid, selawat, tafakur, digalakkan bersedekah dan pemurah. Keseluruhan itu asasnya adalah mujahadah melawan nafsu menentukan didikan Ramadhan samada berkesan atau tidak berkesan..
    Jemput ziarah http://www.ikhwantoday.net/fokus/1116/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *