Tujuan hidup manusia menurut Islam

admin July 25, 2012 1


Banyak orang yang bertanya, apa sih arti kehidupan ini? Kenapa sih kita harus hidup di dunia ini? Jika kita cermati sedemikian rupa atas dua pertanyaan ini, maka akan banyak sekali jawaban. Satu dengan lainnya bisa saja bertentangan, tidak sama atau bisa saja mirip. Jawaban tentu bergantung pada ilmu dan akhlak orang yang menjawab. Ada yang akan menjawab bahwa kehidupan adalah uang. Jadi setiap detik dalam kehidupannya digunakan untuk mencari uang. Jika tidak ada uang, ia seperti kehilangan hidupnya. Ada pula yang menjawab bahwa kehidupan adalah kedudukan atau pangkat dan jabatan, atau sebagian lainnya menganggap bahwa hidup di dunia adalah bersenang-senang. Golongan ini adalah mereka yang menganggap bahwa dunia adalah titik akhir, sehingga mereka terus mencari kesenangan dunia.

Tujuan hidup manusia

Padahal kehidupan ini adalah suatu kesempatan yang berharga untuk kita, jadi mari jangan disia-siakan. Jangan menyiakan hidup ini untuk sesuatu yang tidak jelas manfaat dan faedahnya. Kenikmatan yang kita renggut selama ada dunia ini adalah kenikmatan semu yang tidak kekal dan suatu saat bisa hilang tanpa bekas. Apalagi jika kita renungkan baik-baik, berapa lama kita akan hidup di dunia ini? Sebenarnya cuma sebentar. Apakah ada yang menjamin kita akan hidup 30 atau 50 tahun lagi? Demikian Allah berfirman yang artinya:

“Seolah-olah tatkala melihat hari kiamat itu, mereka tidaklah hidup (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di waktu siang atau sesaat di waktu dhuha.” QS. An-Nazi’at: 46

Sebuah pertanyaan menarik lantas muncul di benak kita, tentang apa yang harus kita lakukan di dunia ini. Jika kita tidak ingin hidup kita sia-sia dan mengarah kepada hal yang tidak jelas, tentu saja kita sebagai orang muslim harus merujuk kepada kitab suci Al-Quran untuk menemukan jawabannya. Dan jawaban itu sudah diberikan oleh Allah 1400 tahun yang lalu dalam firmanNya:

“Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” QS. Adz-Dzariyat: 56

Namun ayat ini harus dipahami dengan baik dan benar, jangan hanya kulitnya saja. Meskipun dikatakan bahwa jin dan manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah kepadaNya, bukan berarti kita harus sepanjang waktu berada di masjid. Ibadah itu sendiri dalam arti yang luas. Pernahkah anda mendengar bahwa senyum yang tulus dan ikhlas karena Allah itu juga ibadah? Apakah anda pernah mendengar bahwa bekerja mencari nafkah yang halal untuk keluarga juga termasuk ibadah? Intinya, ibadah yang dimaksud oleh Allah dalam ayat diatas adalah segala hal, baik itu ucapan maupun perbuatan yang kita lakukan dengan nama Allah, dengan mematuhi segala perintahNya dan tidak melanggar laranganNya.

Tujuan hidup manusia menurut Islam

Jadi, itulah inti dari kehidupan. Kita melakukan segala hal karena Allah. Saat di pasar, saat di sekolah, saat di jalan, semua harus dilakukan karena Allah dan mengingat Allah. Allah Maha Tahu apa yang kita kerjakan. (iwan)

 

One Comment »

  1. Basri March 24, 2013 at 4:20 pm -

    Vis dan Misi Kehidupan Islam :

    Dasar hidup, Akidah Islamiyah
    Pedoman hidup, Alquran dan Sunah Rasul
    Teladan hidup, Rasulullah SAW
    Dan Tujuan Hidup, Mencari Ridho Allah SWT

Leave A Response »