Pentingnya ketenangan dalam kehidupan kita

Pentingnya ketenangan dalam kehidupan kita

Pentingnya ketenangan dalam kehidupan kita

Roda kehidupan itu terus berputar, melewati banyak cerita dalam setiap putarannya. Ada sedih, ada gembira. Ada suka, ada duka. Ada derita, ada bahagia. Semuanya berpasang-pasangan seperti yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Tidak ada manusia yang sanggup melompati roda kehidupan atau tidak melewatinya. Hanya saja pada masing-masing orang tidak sama kadar dan efek yang ditimbulkan.

Seperti yang kita tahu, manusia bukanlah pemilik kehidupan. Tidak ada manusia yang selalu mendapatkan apa yang dia inginkan. Keberhasilan dan kegagalan menjadi warna dalam setiap jalan hidup manusia. Kita sebagai manusia tidak pernah tahu kapan dan dimana kita akan mengalami apa. Untuk itulah cerita orang tidak selalu sama. Maka dengan pemikiran itulah kita seharusnya menenangkan diri.
Ketenangan diri adalah suatu karunia yang tidak mudah diperoleh, hanya diberikan Allah kepada orang-orang yang beriman saja. Allah sudah memberitahukan hal ini 1400 tahun lalu melalui firmanNya:

“Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah disamping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” QS. Al-Fath: 4

Ketenangan diri adalah senjata ampuh bagi orang-orang yang shaleh sejak dahulu kala untuk menghadapi situasi sulit yang membelit dalam kehidupan mereka. Jiwa yang tenang dalam menghadapi apapun, terutama situasi yang sulit membuat seseorang dapat berpikir dengan jernih dan berhati-hati dalam mengambil keputusan mengatasi kesulitannya. Tindakannya akan tetap berada pada jalur yang benar, jauh dari sikap yang buruk. Kata-kata yang keluar dari mulutnya tetap menyejukkan hati, meskipun dirinya terancam bahaya.

Sebagai contoh adalah Ashabul Kahfi yang terancam bahaya dari orang-orang yang ingin menyakiti mereka karena kebenaran Tauhid yang mereka kumandangkan. Mereka terusir dari tanah mereka, meninggalkan keluarga dan seluruh kenyamanan hidup dan tinggal di gua tanpa makanan dan minuman. Namun karena ketenangan dan keteguhan mereka yang membuat Allah menurunkan bantuanNya.

“Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran.” QS. Al Kahfi: 14

Ketenangan jiwa sangat penting dalam kehidupan, oleh karena itu kita harus meraihnya dengan sekuat tenaga. Ada arahan-arahan dari Qur’an dan sunnah untuk mendapatkan ketenangan, seperti diantara bergaul dengan benar, selalu berdoa ketika memulai dan mengakhiri pekerjaan, membaca al-Quran, berhati-hati dalam bersikap dan memperbanyak dzikir kepada Allah. Semua hal tersebut apabila dilakukan dengan tulus dan ikhlas karena Allah akan berakibat pada tenangnya jiwa kita. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *