Home / Islami / Adab Sikap saat khutbah jumat berlangsung

Adab Sikap saat khutbah jumat berlangsung

Anda setiap jumat pasti menghadiri sholat jumat di masjid, bukan? Apa yang anda lakukan pada saat imam sedang berkhotbah? Semoga saja tidak mengantuk atau bahkan tertidur. Banyak diantara kita melihat perilaku para makmum yang menutupkan mata, menundukkan pandangan ke lantai dan ada juga yang menoleh ke kanan dan ke kiri melihat jamaah yang hadir belakangan. Jadi, sebenarnya yang mana yang paling baik? Jawabannya tentu mengarahkan pandangan ke arah khotib yang sedang berbicara. Kita harus konsentrasi kepada apa yang dikabarkan oleh khotib. Dalam hal ini ada dasar hukum dari anjuran untuk menghadap khotib ini supaya tidak ada keraguan diantara anda sekalian.  Adab Sikap saat khutbah jumat berlangsung

Terdapat sebuah bab dalam kitab Imam Bukhari yang berjudul “Bab Menghadapnya Imam kepada Kaum dan Menghadapnya Manusia kepada Imam pada saat Khutbah”, dimana di dalamnya memuat bahwa Ibnu Umar dan Anas bin Malik menghadapkan wajah mereka kepada Imam. Ibnu Hajar Al-Fath mengatakan bahwa, “diantara hikmah dari menghadapkan wajah kepada imam (khotib) adalah supaya bisa berkonsentrasi mendengarkan ucapan khotib, juga melakukan adab yang baik dalam mendengar (orang lain berbicara). Jika orang menghadap kepada imam (khotib) dengan sikap tubuh yang benar dan berkonsentrasi, maka akan memudahkan dirinya untuk memahami apa yang disampaikan. Hal ini juga sesuai dengan disyariatkannya khotib untuk berdiri sehingga dapat terlihat.

Dalam Silsilah Shahihah No. 2080, ada riwayat-riwayat tentang sunnah menghadapkan wajah kepada khotib saat khutbah jumat berlangsung yang dibawakan oleh Al Imam Albani rahimahulloh, yakni diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagian sahabat Rasulullah shalallahu ‘alahi wasalam meriwayatkan, “Apabila Nabi naik mimbar, kami hadapkan wajah-wajah kami kepadanya.”
  • Diriwayatkan oleh Abban bin Abdillah al Bajili, yang berkata: “Saya melihat Uday bin Tsabit menhadap khotib tatkala berdiri untuk khutbah,” Saya bertanya kepadanya: ”Saya melihat anda menghadapkan wajah kearah imam?” Kata Uday bin Tsabit: ”Saya melihat demikian yang dilakukan para sahabat Nabi.”
  • Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, yang berkata: ”Ketika Rasululloh shalallahu ‘alaihi wasalam naik mimbar, kami hadapkan wajah-wajah kami kepada beliau.” Imam Tirmidzi berkata: ”Di bab yang sama ada riwayat dari Ibnu Umar dan Muhammad ibn Al-Fadhl.” Menurut pendapat para ulama, apa yang dilakukan oleh para sahabat nabi inilah yang patut diikuti. Lalu hal ini dianggap sunnah, yakni menghadapkan wajah kepada khotib di mimbar. Pendapat ini dianut pula oleh Sufyan At-Tsauri, al-Syafi’i, Ahmad dan Ishaq.
  • Yahya bin Sa’id Al Anshori meriwayatkan: “Adalah sunnah apabila imam duduk di mimbar di hari jumat,menghadapkan wajah kepadanya”
  • Diriwayatkan oleh Nafi’ bahwa Ibnu Umar terbiasa menyelesaikan tasbihnya sebelum imam datang. Jika imam telah datang maka sebelum imam duduk, maka Ibnu Umar menghadapkan wajah kearahnya.

Demikian adalah beberapa riwayat tentang sunnahnya menghadapkan wajah ke arah khotib saat sholat jumat. Semoga artikel ini memberi tambahan pengetahuan kepada anda. (iwan)

About iwan

Check Also

shalat berjamaah

Bagaimana Adab shalat berjamaah di Masjid, ketahui di sini

Adab shalat berjamaah di Masjid Shalat berjamaah di masjid adalah suatu amalan yang besar dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *