Wisata Sungai Musi, Jembatan Ampera dan Pulau Kemaro di Palembang

admin May 26, 2012 0


Kota Palembang dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan sejarah budaya di Indonesia. Tentu kita semua ingat cerita kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang mampu menguasai hampir sebagian besar wilayah Asia Tenggara. Bukti kejayaan Sriwijaya masih bisa kita saksikan di kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk mencapai kota Palembang, wisatawan bisa melalui jalur transportasi udara melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin di Palembang.

Wisata Sungai Musi

Jalan-jalan wisata ke kota Palembang pasti tidak akan jauh dari seputaran sungai Musi. Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu hulu dan hilir. Di atas sungai Musi kita bisa menjumpai pasar terapung dan beragam aktifitas ekonomi warga setempat. Ada warung terapung, toko jualan pulsa terapung, pengisian BBM terapung, restoran terapung, dan lain-lain.

Di atas sungai Musi membentang Jembatan Ampera. Jembatan Ampera menghubungkan Kota Palembang bagian hulu dan hilir. Jembatan ini terlihat berkelap-kelip dan indah pada malam hari. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Jembatan Ampera untuk menikmati sisi romantisme kota Palembang pada malam hari. Berlibur ke Palembang pasti terasa belum lengkap kalau tidak mengunjungi Jembatan Ampera ini.

Mumpung masih di kota Palembang, sempatkan diri untuk naik perahu dan mengunjungi Pulau Kemaro. Pulau Kemaro adalah pulau yang terletak di tengah-tengah sungai Musi. Menurut cerita yang beredar di masyarakat Palembang, asal-usul Pulau Kemarau berawal dari sepasang kekasih keturunan China yang saling mencintai dan tidak disetujui oleh keluarga mereka. Mereka melarikan diri ke Pulau Kemaro dan dimakamkan disana. Saat ini tempat wisata tersebut ramai dikunjungi turis.

Liburan ke kota Palembang akan terasa berkesan dengan menikmati sajian kuliner khas Palembang. Salah satu makanan tradisional Palembang yang banyak disukai oleh wisatawan adalah pempek. Jenis pempek yang kita kenal antara lain pempek kapal selam dan pempek lenjer. Pempek Palembang merupakan jajanan rakyat yang diolah dari ikan tengiri, tepung dan bumbu-bumbu tertentu. Ditambah dengan saus pempek yang asam dan manis, wisata kuliner ini terasa lezat di lidah.

Tertarik berkunjung ke Kota Palembang? Ayo siapkan dana, waktu dan kesehatan untuk berlibur ke kota Palembang!

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_ampera

 

Leave A Response »