Home / Hiburan / Wisata / 4 Wisata Bangunan yang Wajib Kamu Kunjungi di Surabaya

4 Wisata Bangunan yang Wajib Kamu Kunjungi di Surabaya

Siapa yang tidak mengetahui kota Surabaya? Meskipun kamu tidak berada di kota tersebut, tentu kamu tahu betul dengan ibu kota Jawa Timur ini, bukan? Ya, perjuangan para pemuda Surabaya untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini lantas membuat kota ini menjadi salah satu kota penting di Indonesia.

Surabaya merupakan kota terbesar pertama selain Jakarta. Kota ini terletak sejauh 796 Km dari bagian timur ibu kota Jakarta. Lokasinya yang berada tidak jauh dari Denpasar, Bali, terletak bertepatan di pantai utara pulau Jawa sebelah timur, yang langsung menghadap Selat Madura dan Laut Jawa.

Sebagai penduduk Indonesia yang menghargai jasa-jasa para pahlawan, tentu tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke kota ini. Dengan melihat berbagai peninggalan sejarah di kota ini, kamu bisa merasakan perjuangan Arek-arek Suroboyo (Pemuda Surabaya) dalam meraih kemerdekaan bangsa ini.

Menuju kota ini tidaklah sulit. Kini sudah banyak moda transportasi seperti pesawat terbang, kereta api ataupun bus yang melayani perjalanan menuju ke kota ini. Jika kamu belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di kota dengan ikon ikan Sura dan buaya ini, tak ada salahnya kamu menyempatkan diri untuk melihat berbagai keunikan di kota ini.

Kota Surabaya bisa dijangkau dengan harga yang tidak mahal. Jika bujet kantongmu terbatas, maka memilih perjalanan dengan kereta api bisa menjadi solusi pasti. Meskipun memiliki harga tiket yang lebih murah daripada pesawat terbang, transportasi massal ini memiliki layanan berkualitas dan waktu tempuh yang relatif lebih singkat dibandingkan bus.

Kamu bisa memesan tiket kereta api dari stasiun asal keberangkatan di kotamu. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memesan di loket kereta api, maka kamu bisa melakukan pembelian secara online. Salah satunya bisa dengan mengunjungi situs web Traveloka.

Situs web ini menyediakan tiket kereta dari berbagai kota di Indonesia. Jika kamu memesan dari kota keberangkatan di Jakarta, maka kamu dapat dengan mudah menemukannya di sana. Demikian halnya kamu juga bisa booking tiket kereta api Surabaya Jakarta di Traveloka, dengan cara yang mudah dan proses yang cepat.

Jika tiket sudah di tangan dan kamu sudah tidak sabar untuk berlibur dengan menggunakan kereta api, maka kini saatnya kamu menentukan rencana perjalananmu selama berada di kota Surabaya. Beberapa lokasi wisata bangunan berikut ini bisa menjadi referensi buatmu, antara lain :

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan sengaja dibangun untuk memperingati pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Tugu ini diciptakan untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan asal Surabaya yang mati demi kemerdekaan.

Bangunan ini memiliki tinggi hingga 41,15 meter. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan menemukan beberapa patung tokoh penting yakni Bung Tomo, Gubernur pertama Jawa Timur Suryo, dan Walikota Surabaya Doel Arnowo.

Kamu juga bisa melakukan wisata museum yang terletak di bawah tanah. Meski di bawah tanah, museum ini terdiri dari dua lantai yang berisikan berbagai diorama, foto dan benda-benda peninggalan zaman kemerdekaan.

2. Klenteng Sanggar Ayu / Klenteng Hong San Tan

Selain sebagai pusat ibadah para penganut agama Budha, Tao dan Kong Hu Cu, kamu juga bisa mengeksplorasi keindahan klenteng ini saat berkunjung ke Surabaya. Tatanan arsitektur yang khas dan menakjubkan, sangat tepat untuk dinikmati di siang hari.

Kamu bisa melihat desain interior klenteng nan menakjubkan serta berbagai patung dewa-dewi di sekitaran klenteng. Jangan lupa untuk mengabadikan momenmu dalam gambar, dan tetap menghormati setiap jemaat yang ada di sana ya.

3. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya

Gereja yang juga dikenal dengan nama Gereja Kapanjen ini memiliki tampilan eksterior dan interior bangunan yang menakjubkan. Tak harus beribadah, kamu juga bisa sekadar mengambil gambar dan melihat seisi bangunan gereja dan sekitarnya.

Bangunan yang masih terbuat dari bata dengan jendela berkaca mosaik di tempat ini sangat sayang jika dilewatkan untuk diabadikan dalam gambar. Kamu bisa melakukan banyak swafoto di sini. Hanya saja, tetap menghormati mereka yang sedang beribadah ya.

4. Monumen Kapal Selam

Monumen ini cukup terkenal dengan sebutan Monkasel. Ini merupakan monumen yang sengaja diciptakan untuk mengenang kekuatan armada laut negeri ini untuk mempertahankan kedaulatan perairan Indonesia.

Kamu bisa mengeksplorasi bagian dalam kapal dengan membayar biaya masuk Rp10 ribu. Selain itu, kamu juga bersantai di Moncafe untuk sekadar menikmati camilan dan live music. Tak hanya itu, kamu juga bisa berenang di kolam renang yang terletak tepat di samping monument ini.

Monumen ini cukup terkenal dengan sebutan Monkasel. Ini merupakan monumen yang sengaja diciptakan untuk mengenang kekuatan armada laut negeri ini untuk mempertahankan kedaulatan perairan Indonesia.

Kamu bisa mengeksplorasi bagian dalam kapal dengan membayar biaya masuk Rp10 ribu. Selain itu, kamu juga bersantai di Moncafe untuk sekadar menikmati camilan dan live music. Tak hanya itu, kamu juga bisa berenang di kolam renang yang terletak tepat di samping monument ini.

About admin

Check Also

Museum Dirgantara Mandala Jogjakarta

Wisata Sejarah Penerbangan Indonesia di Museum Dirgantara Mandala Jogjakarta

Museum Dirgantara Mandala terletak di kota Jogjakarta. Museum ini menyimpan beragam benda-benda bersejarah yang berkaitan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *