Tips untuk Menjalin Hubungan Pacaran yang Sehat dan Positif

tips Pacaran yang Sehat dan Positif

Untuk remaja yang baru mengenal yang namanya pacaran, sangat dimaklumi jika masih kebingungan, apa yang sebenarnya dapat dilakukan dalam berpacaran. Hal ini wajar sekali mengingat pengalaman yang kurang dari mereka dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis. Tentunya hal ini harus mendapatkan pengarahan dari orang yang lebih tahu tentang bagaimana membina hubungan dengan lawan jenis atau pacaran yang sehat. Jika tidak, maka pengaruh dari teman-teman yang belum tentu semuanya positif bisa saja mempengaruhi mereka sehingga menyebabkan hubungan pacaran tersebut sudah tidak sehat lagi.

tips Pacaran yang Sehat dan Positif

Berhubung sudah berkali-kali pacaran, lebih baiknya aku membagi tips ini kepada adik-adik remaja yang baru saja memiliki pacar dan mengharapkan hubungan yang sehat, dinamis dan indah pada masa-masa yang paling indah dalam hidup ini. Yang pertama harus kalian lakukan adalah:

1. Cari tahu kesukaan pacar kamu.
Cari tahu apa saja yang disukai oleh pacar kamu, mulai dari makanan, musik, sandal, sepatu, baju, dan lain sebagainya. Cari sebanyak dan sedetil mungkin. Bisa dengan wawancara langsung orangnya, tanya ke teman atau jika sudah kenal keluarganya malah lebih baik. Pengetahuan ini bisa kamu gunakan untuk merancang kegiatan yang positif untuk kalian berdua.

2. Cari tahu apa yang tidak disukai pacar kamu.
Cari tahu juga apa saja yang tidak disukai pacar kamu, mulai dari benda-benda, hewan, tumbuhan, baju, celana, warna, dan lain sebagainya. Yang ini juga cari sebanyak dan sedetil mungkin. Untuk yang ini biasanya susah bertanya langsung dengan orangnya, kamu bisa menanyakan kepada teman dekat atau keluarganya. Pengetahuan ini bisa digunakan untuk menghindari kegiatan yang membuatnya tidak suka atau tidak senang.

3. Catat semua yang kamu sukai dan tidak sukai.
Kamu sebagai manusia tentu saja tahu apa yang kamu sukai dan kamu tidak sukai pada dirimu sendiri. Buat catatan dengan pola yang sama dengan catatan tentang apa saja yang disukai dan tidak disukai pacar kamu. Misalnya kamu tidak suka sambal, tidak suka kucing, tidak suka tempat sempit, dan lain sebagainya.

Setelah semua tercatat dan terkumpul, fokuslah pada catatan tentang kesukaan kalian berdua. Catat lagi di kertas lain apa saja kesukaan kalian yang sama. Dan selamat! Kamu sudah mendapatkan modal awal untuk membuat kegiatan positif dengan mantan.

Eits, tapi belum berhenti sampai disini, masih ada hal-hal lain yang perlu kamu kerjakan. Catatan diatas hanya konsep kesukaan saja, belum menyentuh kegiatan yang sebenarnya. Nah, tentang kegiatan, ini aku ada beberapa contoh yang mungkin bisa diterapkan.

1. Olahraga bersama.
Jika kalian berdua menyukai satu olahraga yang sama, itu akan lebih baik. Kegembiraan, kenikmatan dan cinta bisa didapatkan pada saat kita berolahraga bersama. Tubuh akan bertambah sehat karena olahraga dan dilakukan bersama orang yang kamu sayangi. Kegembiraan itu mengalahkan segala macam penyakit, lho. Selain itu, kalian berdua juga bisa mengembangkan minat dalam hal olahraga bersama-sama karena akan banyak sekali bahan untuk ngobrol. Dijamin hubungan kalian akan berlangsung sehat dan dinamis.

2. Belajar bersama.
Jika merasa pacar kamu lebih pintar, jangan sungkan untuk meminta diajarin olehnya. Tak perlu gengsi, buang itu gengsi. Pacaran yang konstruktif dan positif itu harus menghasilkan nilai tambah bagi kehidupan kamu. Kalau kamu gengsi, kamu tak akan dapat apa-apa. Jika sebaliknya, kamu yang lebih pintar dan pacar kamu prestasinya dibawahmu, tawarkan kepadanya untuk belajar bareng bersamamu. Sampaikan dengan kalimat yang baik dan tidak tampak merendahkan. Penyampaian yang baik akan membuatnya merasa bahwa kamu peduli tentang dirinya dan masa depannya.

3. Mencari uang bersama.
Jika kalian berdua ingin sekali nonton, jalan-jalan, dan lain-lain, lebih baik jangan minta orang tua. Cobalah sebuah tantangan membiayai biaya pacaran kalian sendiri. Cari peluang yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan uang tanpa meninggalkan tugas utama kalian sebagai pelajar. Sebagai contoh ada teman aku dulu waktu SMA yang membuat boneka tiap akhir pekan untuk dijual. Lalu ketika valentine, mereka justru merayakannya dengan berjualan bunga, kartu ucapan, boneka dan lain-lain. Setelah itu, hasil uangnya bisa ditabung untuk membiayai acara nge-date kalian, entah itu nonton bioskop, jalan-jalan di mall atau berwisata ke suatu tempat atau lebih baik jika jika ditabung untuk modal nikah nanti.

Nah, rasanya cukup segitu dulu tips untuk memulai pacaran bagi cowok/cewek yang belum pernah pacaran. Semoga tips ini cukup membantu kalian dalam menjalin hubungan pacaran yang baik dan konstruktif. Selamat mencoba! (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *