Tips Menjaga Hubungan dengan Pasangan Supaya Awet

admin June 13, 2012 2



Masa muda adalah masa yang paling indah, itu kata orang. Namun banyak cowok dan cewek yang mengalami masa muda yang suram. Definisi masa muda suram bagi seseorang umumnya berkaitan dengan hubungan bersama lawan jenis. Banyak yang mengalami penderitaan karena cinta, melakukan kesalahan besar, hingga menuntun pada penderitaan berkelanjutan dalam hidupnya. Semua ini karena mereka tidak mengetahui bagaimana cara membina hubungan yang benar. Apalagi dewasa ini, dengan berkembangnya teknologi semakin banyak saja cowok dan cewek muda yang tidak memiliki kemampuan yang bagus dalam membina hubungan dengan orang lain. Bukan teknologi yang salah, namun kebijaksanaan manusia yang berkurang.
tips menjaga hubungan dengan pasangan supaya Awet
Suatu ketika kamu sudah cukup umur, sudah punya KTP, pengen punya pacar, sudah dapat pacar, lalu apa lagi? Hanya jalan-jalan berdua? Bersenang-senang bersama? Oh, itu semua boleh saja selama masih dalam batas kewajaran dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Namun kamu jangan lupa bahwa setelah ini, kamu akan menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Kehidupan dimana kamu harus menanggung tanggung jawab di pundak kamu sendiri. Tidak akan ada orang yang wajib membantumu ketika nanti kamu mengalami kesusahan. Itu yang harus diingat. Oleh karena dalam suatu hubungan itu pasti dan mutlak akan selalu ada masalah, maka kamu harus belajar mulai dari sekarang bagaimana mengatasi dan membina hubungan dengan benar.


1. Komunikasi

Hubungan dengan lawan jenis sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Untuk kamu yang cowok, selalu terbukalah berbicara tentang apa saja dengan pasangan, jangan dipendam sendiri. Pacarmu itu selain kamu ajak dalam kesukaan, harus juga bisa menemanimu ketika ada masalah. Untuk cowok, bersikaplah lebih sabar jika pasanganmu melakukkan kesalahan. Biarkan dia menyelesaikan kalimat demi kalimat penjelasan yang keluar dari bibirnya. Setelah itu baru pikirkan dengan baik kamu akan memaafkannya atau tidak. Penyesalan di belakang hari itu tidak berguna. Dalam hal jika kalian tidak bertemu, jangan perbanyak penggunaan SMS untuk menyampaikan berita atau penjelasan. Lebih baik bertemu langsung dan menjelaskan dari hati ke hati. SMS atau telepon bisa dimatikan, sedangkan jika kamu bertemu langsung, satu-satunya cara adalah meninggalkanmu, dan itu pasti susah dilakukan.

2. Percaya satu sama lain
Landasan dalam hubungan itu adalah kepercayaan antara satu pihak dengan pihak yang lain. Apapun berita yang beredar tentang pasangan kamu, satu-satunya pihak yang pertama kali kamu harus percayai adalah pasangan kamu. Sebelum ada bukti yang kuat membuktikan pasangan kamu bersalah, kamu harus tetap mempercayai bahwa dirinya tidak bersalah. Namanya asas praduga tak bersalah, dimana kamu tetap mencari bukti sambil berjalan. Dengan metode ini, kamu akan bisa lebih obyektif dalam mencari bukti, tidak didasari rasa benci atau cinta yanng terlalu dalam. Selanjutnya jika memang pasangan kamu terbukti bersalah, kembali lagi adalah keputusan kamu apakah akan memaafkan dia atau membuangnya ke tong sampah.

3. Saling membantu dalam kebaikan
Hubungan yang kuat akan terjalin jika kamu sering bekerja sama dengan pacar kamu. Cobalah dengan hal-hal kecil. Misalnya membantu mengerjakan tugas, jika kamu masih kuliah. Memasak bersama, berbelanja bersama dan hal-hal positif lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama. Termasuk jika memungkinkan, kamu bisa bersama dengan pasanganmu mencoba untuk mencari uang. Misalnya dengan membuat kerajinan, menyediakan jasa yang sesuai keahlian kalian, atau apa saja yang bisa dijadikan uang. Jika sudah terbiasa bekerja sama seperti itu, maka hubungan kalian akan semakin erat dari hari ke hari. Kalian akan saling memahami satu sama lain, seperti apa yang kamu suka, apa yang nggak, apa yang dia suka dan apa yang ngga dia sukai. Semua secara perlahan tapi pasti akan menjadi kebiasaan dan hafal diluar kepala. Dengan begitu kemungkinan kesalahpahaman akan semakin kecil dari hari ke hari.

Nah, demikian tiga hal yang dapat digunakan untuk menjaga hubungan dengan pacar supaya tetap awet. Semua ini tentu tidak lepas dari kecerdasan sosial yang kalian miliki. Untuk cowok, ingat kalimat ini: “pria yang hebat bukanlah pria yang berganti-ganti pacar, namun pria yang mau menyerahkan ego-nya demi seorang wanita dan mencintainya selamanya”, sedangkan untuk cewek: “wanita yang hebat bukanlah wanita yang menarik seribu pria, namun wanita yang mampu membuat satu pria menyerahkan hidup kepadanya selamanya.” Selamat Berjuang!

 

2 Comments »

  1. olihsolihah April 22, 2013 at 9:22 pm -

    tips yang bermanfaat nih. semoga dengan tips-tips ini hubungan kita semua jadi langgeng

  2. lala June 14, 2012 at 11:05 am -

    tips keluarga yang sangat bermanfaat gan

Leave A Response »