Tips mengatasi sakit hati karena cinta

admin September 21, 2012 7


Mengatasi sakit hati karena cinta

Setiap manusia yang pernah merasakan indahnya cinta, pasti pernah pula merasakan bagaimana cinta itu juga pahit ketika disakiti, dikhianati, dibohongi dan ditinggalkan. Sebagian dari kita mungkin akan marah, sedih, kecewa dan lain sebagainya. Bahkan ada yang merasa ingin bunuh diri karena tidak tahan dengan sakit hati yang mendera. Namun tentu saja itu tidak benar. Karena bagaimanapun kita justru patut bersyukur karena telah mengetahui bahwa orang yang menyakiti kita adalah orang yang tidak pantas menerima cinta kita sehingga tidak menjadi terlambat dalam menyadari hal tersebut. Tips mengatasi sakit hati karena cinta

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sakit hati itu tetaplah sakit. Meskipun sakit pasti ada obatnya untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Bagaiamana caranya? Mari kita coba beberapa tips berikut ini:

  1. Berpikir positif

Mari kita mencoba melihat semua masalah dari sisi baiknya. Untuk apa anda bersedih untuk orang yang tidak mencintai anda? Orang yang mencintai anda tidak akan pernah menyakiti anda, apalagi sampai menodai cinta anda. Jadi ketikap pasangan anda mengkhianati anda, artinya cintanya tidak murni dan tidak layak untuk dipertahankan. Mungkin berbeda keadaannya jika ia mau bersungguh-sungguh berubah. Memang manusia adalah tempatnya salah, sehingga kita harus bisa berani dan bisa memberi maaf kepada orang yang sungguh-sungguh meminta maaf.

  1. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Semua kejadian yang dialami manusia memang tidak luput dari campur tangan Tuhan dan itu semua demi kebaikan manusia sendiri. Oleh karena itu, lebih baik berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Mengendalikan segala apa yang ada di alam semesta. Kemungkinan ini adalah ujian bagi anda sebagai hambaNya dengan sebuah maksud atau rencana yang lebih indah dan lebih baik bagi kita. Dengan berserah diri kepada Tuhan, maka hidup anda akan lebih ringan karena bisa menanggalkan sakit hati, kesedihan dan kekecewaan. Kita ini kan terlahir tidak membawa apa-apa dan mati tanpa membawa apa-apa pula. Jadi apa yang harus dipermasalahkan?

  1. Membuka hati untuk orang lain

Anda harus menyediakan kesempatan bagi orang lain untuk memasuki hati anda. Tepis rasa traumatis karena kegagalan cinta di masa lalu. Orang yang mendekati anda adalah orang yang berbeda, jadi kemungkinan untuk kejadian terulang itu adalah sangat kecil sekali. Setiap orang yang tidak sama inilah yang memungkinkan anda mendapatkan pengganti lebih baik lagi. Meskipun begitu anda harus lebih selektif dan berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan, supaya tidak mengalami hal yang sama. Saling menghargai dan memahami adalah kunci sukses dalam setiap hubungan.

  1. Lampiaskan perasaan dengan berkegiatan

Anda dapat melampiaskan kekesalan anda, kemarahan anda dalam kegiatan yang positif. Jika anda suka olahraga, silahkan berolahraga. Jika anda suka menulis, silahkan menulis. Anda bisa menuangkan semua beban pikiran dan sakit hati anda dalam tulisan. Tanpa sadar bisa saja anda membuat sebuah cerita yang bagus.

  1. Lupakan masa lalu dan mempersiapkan masa depan

Jika anda mengemudi dan terlalu sering menengok ke belakang maka anda akan menabrak. Tengoklah ke belakang pada saat tertentu saja. Seperti juga dalam hal hidup, lupakan masa lalu dan perhatikan persiapan anda untuk menghadapi masa depan. Hindari meratapi diri sendiri dan segera buat rencana untuk masa depan anda. Apa yang terjadi pada masa depan adalah buah dari apa yang anda lakukan saat ini.

Memang kami menyadari bahwa mengatasi sakit hati tidak semudah dalam penjelasan kami diatas. Namun semua kembali pada diri anda sendiri. Apakah anda ingin maju terus ke masa depan yang lebih baik atau terpuruk dan mengasihani diri serta tenggelam di masa lalu, itu adalah keputusan anda sendiri. Jadi, bagaimana menurut anda? (iwan)

 

7 Comments »

  1. zulie February 3, 2013 at 4:13 pm -

    knpa cinta ini trjadi,..tnpa aqu sadari,,tnpa aq sngaja…….sudah sering kali sakit hati,,tp berat untuk mlupaknnya,,,krna dy trkadang muncul saat aqu btuh,,,dan juga bhagia,,,,,,
    tp ini tdk blh dlanjtkan,,,,,,,,,ini cinta tk direstui,,tk diridhoi,,aq hrus mncintainya hnya sbgai shabat,,tp aqu harus mlupakn dya,,,,,,,,,,,,,,,

  2. zulie February 3, 2013 at 3:57 pm -

    cinta ini trlarang,,,,,knpa bisa trjadi kepadaku ya Allah,,,,,
    bantulah aq mghlgkannya……..

Leave A Response »